Tradisi Cukur Rambut Pertama pada Anak Di Beberapa Budaya!

Pernahkah sahabat Duma bertanya-tanya mengapa rambut pertama anak dilakukan tradisi pencukuran? Ternyata tradisi tersebut menjadi salah satu hal yang penting dalam beberapa budaya. Berikut ini ada beberapa tradisi cukur rambut pertama pada anak yang dapat menjadi informasi sahabat Duma!

Tradisi Cukur Rambut Pertama Pada Anak

Tradisi Cukur Rambut Pertama pada Anak Di Beberapa Budaya! via freepik ala tim duniamasak.com
Bayi via freepik

Tradisi cukur rambut tersebut ternyata memiliki makna loh sahabat Duma. Yuk kita simak informasinya berikut ini agar tahu jawabannya!

Islam

Dalam agama Islam, cukur rambut pertama pada anak dilakukan pada upacara aqiqah yang memiliki makna ungkapan syukur karena lahirnya seorang anak.

Rambut anak yang dicukur akan ditimbang dan beratnya akan ditukar dengan emas maupun perak dan disumbangkan. Selain itu ada penyembelihan hewan kurban yang nantinya dibagikan kepada saudara maupun masyarakat.

Hindu

Dalam agama Hindu terdapat upacara caudakarma samskara yaitu rangkaian penyucian samskara. Anak usia satu sampai tiga tahun akan dicukur rambutnya. Hal itu bermakna untuk kebebasan pada hidup yang sebelumnya dan memulai kehidupan yang baru dengan suci dan bersih.

Baca lainnya  Ternyata Ada Lagu Indonesia yang Bertema Makanan Loh!

Polinesia

Suku ini juga memiliki tradisi cukur rambut anak dan dinamakan dengan porirua, perayaannya pun sangat meriah layaknya sebuah pesta. Anak akan duduk dikursi khusus yang spesial dengan balutan jubah tradisional yaitu tivaevae. Kemudian anak akan dicukur rambutnya dan akan diberika nuang dan berbagai hadiah oleh keluarga maupun kerabat.

Mongolia

Untuk cukur rambut anak pada suku Mongol biasanya dilakukan pada usia dua sampai lima tahun. Perayaanya pun dinamakan dengan Daah Urgeeh. Untuk anak laki-laki akan dicukur pada usia genap dan anak perempuan pada usia ganjil.

American Indian

Suku Apache berbeda dengan suku Indian lainnya yang melakukan tradisi memotong rambut. Tradisi ini pun dilakukan sebagai simbol dari kedewasaan. Tradisi ini dilakukan pada setiap musim semi dengan tarian khusus yang mengundang kesehatan maupun kesuksesan untuk anak dimasa yang akan datang.

Baca lainnya  Intip Kado Cokelat Valentine Termahal Di Dunia

Nah bagaimana sahabat Duma jadi tahu bukan? Ternyata ada ya tradisi cukur rambut pertama pada anak? Menarik bukan?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan