4 Jenis Kue Bolu yang Terkenal di Indonesia

Kue bolu indonesia medan lembang bandung via freepik ala duniamasak

Bolu merupakan kue bertekstur lembut yang terbuat dari tepung, gula, dan telur kemudian diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Biasanya, bolu juga bisa dikreasikan dengan tambahan krim, cokelat, keju, dan lainnya. Nah, di beberapa daerah di Indonesia pun memiliki beraneka ragam kue bolu yang menjadi ciri khas tempat tersebut sehingga populer dimana-mana. Mari simak 4 jenis kue bolu yang cukup terkenal di Indonesia dalam artikel ini!

Kue Bolu yang Populer di Indonesia

Kue bolu indonesia susu lembang via instagram.com/bolulembang ala duniamasak
Kue bolu via instagram.com/bolulembang

Bolu Susu

Jika mendengar kue bolu susu, pasti masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Barat akan langsung terbesit area yang terkenal dengan hidangan tersebut. Ya, kota Lembang dikenal sebagai penghasil susu terbaik di Bandung sehingga bisa tercipta bolu susu Lembang. Dengan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan bolu pada umumnya, banyak juga masyarakat di luar pulau Jawa yang mengidolakan kue ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Baca lainnya  Kunjungi Surga Dessert di Jakarta Berikut Ini: Nagih!

Bolu Gulung

Terdapat juga jenis bolu lain yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh yaitu bolu gulung. Kue bolu ini terkenal menjadi buah tangan khas kota Medan. Dengan tekstur yang empuk dan memiliki beragam isian topping seperti keju, coklat, stroberi, dan moka; tentu akan sangat banyak yang menyukainya.

Bolu Macan

Bolu macan atau juga bisa disebut bolu marmer ini berasal dari Bangka Belitung. Kue yang mempunyai corak loreng ini juga bertekstur lembut dan rasanya enak. Warna loreng terbuat dari pasta cokelat sehingga lebih variatif dari bolu lainnya. Sangat cocok disantap bersama segelas kopi atau teh hangat.

Bolu Klemben

Nah, bolu yang satu ini sangat mirip dengan kue khas Prancis yaitu madeleine. Ya, bolu klemben merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur. Berukuran kecil dengan tekstur luar yang agak keras namun empuk didalam, menjadikan kue bolu ini menjadi jajanan favorit terutama saat bulan puasa.

Baca lainnya  8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Kulkas

Demikian 4 jenis kue bolu yang populer di Indonesia. Bolu apa yang menjadi favorit sahabat DuMa? 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!