4 Makanan Yang Sering Dikonsumi Ibu Hamil Ketika Ngidam

Makanan ngidam hamil via freepik ala duniamasak

Ngidam adalah istilah yang menggambarkan kondisi ibu hamil ketika sedang menginginkan suatu makanan atau minuman tertentu. Sebenarnya, kondisi ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Tetapi, para ahli kesehatan setuju bahwa perubahan hormon yang terjadi pada seorang ibu akan sangat cepat terjadi selama kehamilan adalah penyebabnya. Akibatnya, indera penciuman serta indera perasa seorang ibu menjadi lebih sensitif. Makanan dan minuman yang diminta oleh seorang ibu sangatlah beraneka ragam. Mulai dari yang mudah didapatkan atau dibuat hingga yang sangat sulit digapai. Bahkan, ibuย yang sedang ngidam bisa mendadak menyukai makanan yang tak pernah dimakan sebelumnya atau tiba-tiba tidak suka makanan yang biasanya dikonsumsi. Pasti para suami sudah merasakan jika istrinya yang sedang mengalami fase ngidam, kan? Nah agar tidak kaget dan bingung, kali ini Duma ingin membahas tren makanan yang sering dikonsumsi ketika sedang ngidam di kala hamil.

Makanan Ibu Hamil Di Kala Ngidam

Rujak

Rujak via  endeus.tv ala duniamasak
Rujak via endeus.tv

Pasti para ibu hamil sangat setuju dengan makanan ini berada di urutan nomor 1. Memang rujak merupakan hidangan paling hits dan populer yang digemari ibu hamil. Rujak merupakan makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai macam buah lalu dibumbui dengan saus kacang serta cabai. Buah yang dipakai untuk membuat rujak antara lain mangga muda, jambu, kedondong, bengkuang, ubi, nanas, pepaya, dan masih banyak lagi. Umumnya, jika menyantap rujak pasti akan ada sensasi yang bisa menyegarkan tubuh karena mengonsumsi buah segar. Selain itu, hidangan ini mengandung jumlah kalori yang rendah dan tentunya mudah didapat.

Baca lainnya  Ketahui Tingkatan Chef Restoran Dalam Kitchen Hierarchy

Makanan pedas

Makanan ngidam hamil pedas cabe via freepik ala duniamasak
Makanan pedas via freepik

Masih menyambung saus kacang rujak yang umumnya pedas, ternyata ibu hamil juga suka makanan pedas ketika mengalami ngidam. Mulai dari mie goreng, nasi goreng, ayam goreng, sate ayam, bakso kuah; pasti tidak lengkap jika tanpa saus sambal maupun cabai. Makanan pedas bisa membuat tubuh berkeringat sehingga produksi keringat meningkat. Namun, selama masih dalam masa kehamilan, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan perut mulas bahkan gangguan pencernaan.

Cokelat

Makanan ngidam hamil cokelat via freepik ala duniamasak
Cokelat via freepik

Tidak hanya disukai oleh anak-anak, namun ternyata ibu hamil juga bisa ngidam cokelat loh! Dengan mengonsumsi cokelat, seorang ibu dapat mengurangi tingkat stress dan membuat bahagia apalagi pastinya ibu hamil akan lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Cokelat mengandung antioksidan yang tinggi dan mempunyai zat phenylethylalanine. Zat ini bisa memproduksi zat endorfin yaitu molekul ‘perasaan baik’ alami yang berasal dari otak manusia sehingga bisa merubah mood. Namun, perlu diingat agar ibu hamil tidak mengonsumsi cokelat secara berlebihan karena cokelat juga mengandung kafein didalamnya.

Baca lainnya  Mesin Pembuat Es Krim Portable Nemox Gelato Tepat untuk Bisnismu!

Es Krim

Makanan ngidam hamil es krim via freepik ala duniamasak
Es krim via freepik

Selain cokelat, es krim juga terkadang diidamkan oleh para ibu hamil. Malah semenjak pacaran, pasti si pria juga sering memberikan sang wanita es krim lembut yang manis kan? Yup, rasa manis, dingin, nikmat, serta lembut ini bisa membuat ibu hamil ketagihan. Namun, perlu dipertimbangkan faktor kesehatan karena tidak baik mengonsumsi es krim terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas. Salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah mengganti es krim dengan varian yang rendah lemak atau mengonsumsi sorbet yang lebih sehat karena terbuat dari buah segar.

Demikian 4 makanan yang sering dikonsumi ibu hamil ketika ngidam. Ingat, semua boleh dikonsumsi namun masih dalam batas wajar. Tetap jaga kesehatan si ibu dan si bayi kecil ya ๐Ÿ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!