5 Kegunaan Soda Api untuk Rumah Tangga

Kegunaan soda api via freepik ala tim duniamasak.com

Pernahkah sahabat Duma mendengar soda api? Mungkin jika soda kue pasti sahabat Duma sudah akrab ditelinga. Apalagi fungsi dan manfaat dari soda kue tentunya sudah tahu. Walaupun keduanya menggunakan kata yang sama yaitu “soda”, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Soda api adalah bahan kimia yang memiliki basa yang kuat dengan nama lainnya Natrium Hidroksida (NaOH). Banyak kegunaan soda api yang jarang diketahui banyak orang. Apa saja ya kira-kira?

Soda Api Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kegunaan soda api via freepik ala tim duniamasak.com
Membersihkan via freepik

Soda api seringnya di temui di berbagai bidang industri mulai dari deterjen hingga tekstil. Walaupun demikian penggunaan soda api tidak hanya melingkupi perindustrian saja. Kegunaan soda api juga dapat membantu kebutuhan rumah tangga. Yuk simak ulasan dibawah ini!

Membersihkan dinding kamar mandi

Kegunaan soda api nyatanya dapat membantu kita membersihkan dinding kamar mandi. Seperti yang kita ketahui, dinding kamar mandi mudah sekali kotor apalagi jika sudah lama kita tidak bersihkan. Soda api dapat membantu untuk memudahkan membersihkan kotoran yang membandel. Kita hanya perlu hati-hati agar soda api tidak mengenai tangan maupun kaki. Gunakan sarung tangan dan juga sendal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kemudian taburi soda api yang sudah dihancurkan pada dinding kamar mandi maupun keramik. Diamkan kurang lebih satu jam kemudian kita mulai menyikat bagian kamar mandi yang kotor dan bilas menggunakan air.

Baca lainnya  Kenapa Sih Cold Brew Coffee Menjadi Trend Akhir-akhir ini?

Membersihkan kerak pada peralatan masak

Peralatan masak biasanya mudah sekali berkerak apalagi bila peralatan masak tersebut berusia cukup lama. Soda api dapat kita manfaatkan untuk membersihkan kerak pada alat masak yang kita miliki. Cara pun cukup mudah, larutkan soda api dengan air kemudian oleskan cairan soda api pada bagian alat masak yang hendak dibersihkan. Diamkan sekitar 10 menit agar kerak pada alat masak tersebut terlepas. Kemudian bilas menggunakan air sabun hingga benar-benar bersih.

Sebagai pengelupas cat atau paint remover

Tanpa kita sadari, kegunaan soda kue berfungsi juga sebagai paint remover. Soda kue mampu merontokkan cat pada kendaraan maupun furniture yang berbahan dasar besi. Biasanya digunakan bila kita ingin mengubah warna pada suatu benda. Penggunaannya pun sangat mudah, kita hanya perlu mengoleskan soda api menggunakan kuas yang besar pada permukaan benda yang ingin kita hilangkan catnya.

Melancarkan saluran pipa mampet

Seringkali kita mengalami masalah pipa yang mampet sehingga air tidak dapat mengalir semestinya. Biasanya hal itu terjadi karena adanya endapan kotoran pada pipa sehingga menyumbat aliran air. Soda kue dapat mengurai endapan yang ada pada saluran pipa sehingga air dapat mengalir. Caranya kita hanya perlu menuangkan soda api kedalam saluran pipa kemudian diamkan beberapa menit. Siram air untuk membasuhkan saluran secara menyeluruh. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk menghindari soda api ya!

Baca lainnya  Intip Ide Membuat Saus Salad Buah ala Tim DuniaMasak yuk!

Menghilangkan noda karat pada besi

Kegunaan soda api yang terakhir adalah menghilangkan noda karat pada besi. Benda yang terbuat dari besi memang seringkali kita temukan mudah sekali berkarat. Benda yang sudah berkarat memang sangat menggangu tampilan dari barang maupun benda yang kita gunakan. Untuk menghilangkan karat pada benda yang kita miliki, kita dapat memanfaatkan soda api. Siapkan sarung tangan, kacamata, dan juga masker untuk menghindari bagian tubuh terkena soda api. Kemudian larutkan soda api dengan cairan pada wadah yang terbuat dari logam. Oleskan dengan kuas pada bagian-bagian yang berkarat dan diamkan kurang lebih 10 menit. Tunggu hingga karat pada besi terkelupas. Kemudian basuh besi tersebut dengan air sabun dan keringkan menggunakan kain lap agar besi terlihat bersih.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!