5 Kesalahan Fatal dalam Membuat Bolu yang Wajib Kamu Ketahui!

Share artikel ini:

Hallo Sahabat duma, kue bolu yang bantet siapa sih yang mau memakannya? Kamu pasti kesel banget deh jika sudah berusaha keras membuat kue bolu, dan menanti hasil akhir untuk dimakan, yang kamu temui adalah kue bolu yang bantet atau tidak mengembang dengan sempurna. Wah jangan sampai begitu ya. Kamu perlu perhatikan beberapa kendala nih dalam membuat kue bolu. Simak tips DuniaMasak berikut ya!

Foto Via @dapur_lindawaty

  • Pertama, Perhatikan Seluruh Suhu Bahan
    Kamu tidak boleh menyepelekan soal suhu bahan yang akan diolah. Dimulai dari telur. Telur yang biasanya kita simpan di dalam kulkas, jangan langsung diolah! Biarkan dulu suhu dinginnya menurun di dalam ruangan. Sebab telur yang dingin akan sulit mengembang dan pastinya menjadi salah satu faktor bolu yang kita buat menjadi bantet. Begitu pun margarin, yang biasanya kita simpan di dalam kulkas, lelehkan terlebih dahulu di wajan dengan api kecil. Kemudian, tunggu hangat dulu, lalu kamu boleh memasukkannya ke dalam adonan.
  • Kedua, Perhatikan Cara Mengolah Bahan
    Salah satu hal terpenting dalam proses membuat bolu adalah mengocok telur. Kamu harus pastikan telur mengembang dengan sempurna. Kocok telur selama kurang lebih 15 menit untuk menghasilkan 4 butir telur yang mengembang sempurna. Kamu bisa mencoba tips dengan memisahkan kuning telur dan putih telur. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memastikan apakah telur telah mengembang sesuai yang kamu harapkan. Namun, jika kamu ragu, kamu bisa memastikan telur telah mengembang dengan cara membalikkan wadah. Lho? tumpah dong?  Ini nih cara untuk membuktikannya. Jika wadah tidak tumpah artinya telur telah mengembang dan siap melaju ke proses selanjutnya. Pastikan kamu menggunakan mixer yang memudahkan kamu untuk membuat bolu dengan praktis ya!
  • Ketiga, Perhatikan Tepung Terigu
    Tepung terigu yang digunakan untuk diolah harus benar-benar kering dan sudah dijemur terlebih dahulu. Gunanya apa sih? Yap, Hal ini dilakukan agar tepung tidak menggumpal pada kue bolu yang telah kita buat tersebut. Pasti kamu menghindari untuk memakan tepung-tepung yang masih menggumpal tersebut kan ya! Jadi, jangan sampai kamu menggunakan tepung terigu yang masih basah, hal itu dapat membuat tepung tidak mengembang dengan baik saat dipanggang.
  • Keempat, Perhatikan Oven
    Pemanggangan kue bolu terkadang bisa luput dari perhatian kita.  Gunakan oven yang telah panas, atau terlebih dahulu dinyalakan. Terkadang kita luput dan terlupa, sehingga kita memasukkan adonan ke dalam oven yang belum panas. Jika adonan tidak langsung masuk ke oven yang panas dan harus menunggu terlalu lama maka adonan akan menjadi bantet.  Selain itu, suhu untuk memangang kue bolu adalah 180 derajat celsius dan harus tepat supaya bolu dapat mengembang sempurna. Jadi, usahakanlah memilih oven yang memiliki pengatur suhu atau setidaknya petunjuk suhu agar dapat mengontrolnya dengan mudah.

    Oven Modena via DuniaMasak.com

    Oven Modena via DuniaMasak.com

  • Kelima, Perhatikan Kematangan Kue
    Proses akhir ini harus menjadi perhatian kamu nih, dengan memastikan kematangan kue bolu, agar kita tidak kecewa dengan kematangan kue yang telah kita buat. Kamu bisa  menusukkan sebatang lidi yang bersih ke tengah bagian kue. Jika lidi yang kamu tarik tidak lengket, maka kue bolu telah matang dan siap untuk diangkat dari oven. Pastikan juga kue bolu dalam keadaan dingin ketika dipotong. Kalau nggak, kue bolu kamu bisa berantakan tuh.

Bagaimana? Segera praktekkan di rumah ya Sahabat duma. Jangan sampai momen spesialmu untuk membuat kue bolu demi orang terdekat menjadi gagal. Dan terakhir, tips dari duniamasak adalah jangan cepat putus asa dalam memasak! Happy Cooking!

Share artikel ini:
Baca lainnya  Tips Memilih Talas Hingga Resep Praktis Membuat Talas Bogor

Yuk bahas artikel ini!