5 Tips Memasak Anti Gagal ala duniamasak.com

Share artikel ini:

Photo Source http://irisharoundcanada.com

Memasak tidak hanya akan memberikan kepuasan pada diri sendiri tapi juga orang-orang sekitarmu pun ikut senang. Memasak di rumah akan membuat kamu lebih sehat karena dapat menyajikan makanan dengan kualitas dan kebersihan yang terjamin. Memasak juga gak selalu seperti itu-itu aja loh, dibutuhkan kemampuan serta pengetahuan yang bagus untuk membuat makanan yang enak. Tidak banyak juga yang gagal sewaktu membuat makanan seperti sayur yang terlalu asin, terlalu manis, atau yang lebih simpel seperti nasi yang kurang lunak dan telur yang gosong.

Jadi memasak itu memang gak semudah kita menghabiskan makanan ya sobat DuMa,di artikel ini duniamasak.com akan memberikan tips bagaimana caranya memasak tanpa gagal

1. Muffin Yang Keras
Gak mau kan kamu harus makan kue muffin dengan tingkat kekerasan seperti batu? Muffin mempunyai kandungan cairan dan tepung yang banyak. Jika terlalu lama diaduk, gluten akan terbentuk sehingga muffin menjadi liat. Solusi: Jangan gunakan mixer ketika membuat adonan muffin. Aduk adonan dengan spatula secukupnya saja hingga adonan merata. Tak apa jika adonan menggumpal (lumpy).
2. Chocolate Mousse Yang Grainy
Dessert yang satu ini memang sangat tricky dibuat karena mengandung cokelat yang sangat sensitif pada cairan dan panas. Jika terkena air atau dilelehkan dengan panas tinggi, cokelat akan menggumpal. Lalu ketika dicampur ke dalam adonan putih telur, mousse akan berbulir (grainy). Solusi: Lelehkan cokelat dengan metode tim. Gunakan panci bertumpuk (double broiler), yang panci di bawahnya diisi air. Jaga jangan sampai air itu mendidih.
 3. Karamel Terasa Pahit
Takut membuat karamel? Memang, tidak pernah ada formula tentang berapa lama waktu membuat karamel. Yang pasti, dibutuhkan kesabaran untuk membuatnya. Solusi: Selalu pakai panci berdasar tebal agar tidak mudah gosong. Panaskan gula pasir dan sedikit air dengan api kecil. Jangan diaduk agar gula tidak mengkristal. Setelah berwarna cokelat muda, angkatlah dari api. Karamel akan terus dimasak karena suhunya yang tinggi. Kalau menggunakan termometer permen (candy thermometer, khusus untuk gula), angkatlah panci dari api ketika mencapai suhu 168° C.
 4. Cake Kering Karena Suhu Oven Tidak Pas
Cake yang tidak moist bisa disebabkan karena terlalu lama dikocok. Tapi, kesalahan yang sering tidak disadari adalah karena oven Anda tidak akurat suhunya sehingga cake dipanggang pada suhu yang terlalu rendah sehingga dan terlalu lama matang. Ini biasa terjadi jika oven sudah lama tidak digunakan. Solusi: Servis oven Anda sebelum digunakan. Setelah itu, tes suhu oven dengan memanggang selembar roti pada suhu 180°C selama 5 menit hingga kering. Bila tidak matang merata atau malah gosong, berarti oven belum disetel dengan baik.Servis oven jika sudah lama tidak dipakai. Cara yang paling baik, lain, ukur suhu oven dengan termometer sebelum memanggang kue. Anda akan mendapatkan suhu yang lebih akurat sehingga kue bisa matang sempurna.
Dan kalau oven lama kamu sudah tidak bisa diperbaiki atau kamu sedang mencari oven yang baru, kamu bisa nih cek di duniamasak.com karena produk yang kami jual sangat mengedepankan kualitas dan pastinya gak akan ngecewain deh!
 5. Custard Tidak Mau Mengeras
Pemilihan susu yang tepat sangat penting dalam membuat custard, misalnya untuk isian sus atau lapisan cake. Kandungan lemak yang tinggi membantu custard mengeras ketika didinginkan. Karena itu, hati-hati mengganti jenis susu karena susu rendah lemak membuat custard tidak mau mengeras. Solusi: Jika ingin mengganti susu full cream dengan susu low fat, tambahkan jumlah telur yang dipakai dalam adonan. Penambahan telur akan mengkompensasi jumlah lemak yang dibutuhkan custard untuk mengeras.
Sekian informasi yang duniamasak.com berikan untuk kamu, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian jangan lupa juga kalau ingin membuat hasil makanan terbaik gunakanlah peralatan masak yang terbaik juga. Dan untuk peralatan masak terbaik percayain aja deh sama duniamasak.com! Produk yang kami jual dijamin kualitasnya dengan promo-promo terbaik!
Share artikel ini:
Baca lainnya  Bagaimana Cara Memilih Alat Masak yang Bagus dan Berkualitas

Yuk bahas artikel ini!