5 Tips Puasa di Saat Pandemi Virus Corona

Tips puasa saat pandemi virus corona via freepik ala tim duniamasak.com

Bulan puasa adalah bulan yang sangat dinantikan umat muslim. Namun sudah beberapa bulan ini, kondisi yang dikarenakan pandemi virus corona membuat semua terasa berbeda. Termasuk kebiasaan berbuka puasa bersama teman-teman yang ditiadakan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Saat kita berpuasa tentunya kita harus tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam virus. Kali ini Duma akan memberikan tips puasa di saat pandemi virus corona. Yuk disimak!

Tetap Jaga Kesehatan, Puasa Saat Pandemi

Tips puasa saat pandemi virus corona via freepik ala tim duniamasak.com
Berbuka puasa via freepik

Kesehatan tubuh saat berpuasa harus lebih diperhatikan. Pasalnya kita menahan lapar dan haus sehingga tubuh harus tetap fit selama berpuasa. Berikut ini adalah tips puasa saat pandemi agar kesehatan tubuh tetap terjaga:

Perbanyak makanan nabati

Banyak sebagaian dari kita tidak memperhatikan pola makan yang baik. Kita cenderung menyantap makanan apa saja hingga perut terasa kenyang. Hal itu ternyata sangat berdampak pada sistem imun tubuh. Sebaiknya kita mengonsumsi makanan nabati, misalnya sayuran atau buah-buahan. Makanan nabati mampu membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga dapat melawan virus-virus yang membandel.

Baca lainnya  Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Kulit Sehat dan Cerah

Tidur yang cukup

Tidurlah yang cukup dan jangan menjadikan bulan puasa untuk begadang tanpa istirahat yang cukup. Kita akan mudah terserang penyakit apabila kekurangan tidur. Beberapa penelitan mengungkapkan bahwa kurang tidur lebih renta terkena flu dibanding dengan orang yang memiliki tidur yang cukup. Sebaiknya kita tidur selama 7 sampai 9 jam bagi orang dewasa di malam hari.

Kurangi konsumsi gula

Hindari untuk mengonsumsi gula secara berlebihan, apalagi dapat menimbulkan obesitas atau kelebihan berat badan. Tubuh yang memiliki berat badan berlebih biasanya lebih rentan terhadap penyakit.

Konsumsi suplemen

Sebaiknya kita mengonsumsi suplemen pada saat berbuka maupun ketika sahur. Apalagi kita menjalani puasa di saat pandemi virus corona. Tentunya kita berharap imun dalam tubuh kuat dan dapat melawan virus yang menyerang tubuh. Vitamin C, D, dan Zinc dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca lainnya  Khasiat Jagung Putren Bagi Kesehatan Tubuh

Konsumsi lemak baik

Mengonsumsi lemak baik sangat dianjurkan untuk mencegah timbulnya penyakit. Misalnya ikan salmon ataupun minyak zaitun dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa maupun saat sahur.

Hindari stress

Pikiran yang sehat dan jauh dari stress sangatlah berpengaruh pada sistem imun tubuh kita. Maka dari itu, sebaiknya kita membuah pikira-pikiran negatif dan fokus terhadap hal-hal yang menenangkan pikiran.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!