Apa Aja Sih Makanan Sehat Saat Berolahraga?

Makanan Sehat Sebelum Olahraga via pexels.com

Bukan Hanya Protein

Protein berguna untuk membangun otot. Hal inilah yang menyebabkan zat gizi ini penting dikonsumsi para penyuka olahraga. Tapi protein bukan satu-satunya yang kamu perlukan. Kamu juga perlu menambah asupan makanan sehat seperti sumber lemak yang baik guna memulihkan otot dan persendian setelah berolahraga. Plus, Kamu membutuhkan sumber karbohidrat bernutrisi tinggi seperti ubi, kacang-kacangan, gandum, sayur dan buah.

Yuk olahraga via www.pediaku.com

Yuk olahraga via www.pediaku.com

Pilih Makanan Sehat & Segar

Tubuh kita bekerja selama 24/7 dalam sehari untuk membangun, memulihkan, dan menyembuhkan. Semua proses ini berhubungan langsung dengan apa yang akan kamu makan. Jadi, hindari makanan sampah dan makanan olahan. Makanlah sesuatu yang sehat yaitu makanan segar, minim olahan atau diolah dengan cara yang sesuai standar ilmu kesehatan. Lalu, makanan apa aja sih yang sehat dan segar itu? berikut jawabannya:

Baca lainnya  Kelebihan Minuman Herbal, Rutin Konsumsi Yuk!

Pisang

Makanan sehat seperti pisang via lifestyle.liputan6.com

Makanan sehat seperti pisang via lifestyle.liputan6.com

Pisang adalah sahabat para atlet karena kaya kalori, nutrisi dan potasium. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori. Potasium adalah sejenis elektrolit yang dibutuhkan agar organ-organ tubuh dapat bekerja dengan benar. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan dari para atlet akan mengonsumsi pisang sebelum pertandingan. Setelah berolahraga tentu kamu akan Kehilangan dua hal itu, kalori dan elektrolit. Pisang dapat menggantikannya. Selain itu, pisang mengandung bahan-bahan yang ada di dalam minuman berolahraga; antioksidan, serat dan vitamin B.

Susu Cokelat

Minuman energi diciptakan untuk menjaga kesegaran kita setelah beraktivitas. Juga untuk membantu pemulihan tubuh yang lelah. Tapi riset terbaru mengatakan, susu cokelat rendah lemak, bekerja dengan lebih baik dibanding minuman olahraga lainnya. Menurut Mayo Clinic, susu cokelat memiliki tiga komponen penting untuk proses pemulihan yaitu; karbohidrat dalam bentuk laktosa, elektrolit potasium dan sodium, protein dari kasein dan whey. Minuman susu coklat ini sangat dianjurkan bagi kamu setelah melakukan olahraga.

Baca lainnya  5 Makanan Favorit Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi

Air Kelapa

Sudah lama air kelapa dianggap sebagai minuman berenergi natural dan itu memang benar. Air kelapa sarat akan elektrolit potasium dan rendah kalori. Sebenarnya, atlet membutuhkan lebih dari sekadar potasium. Mereka juga membutuhkan sodium yang rendah jumlahnya di dalam air kelapa. Tapi bagi kamu yang tidak berlatih sekeras atlet, air kelapa yang natural dan rendah kalori adalah pilihan yang terbaik.

Bagaimana sahabat duma? Demi tubuh yang proporsional, perbaiki asupan makananmu selama berolahraga ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!