Pilihan Makanan Tepat untuk Kamu Penderita Asam Lambung

Hai sahabat duma, diantara kalian ada yang sering mengalami asam lambung nggak sih? Penyakit yang satu ini erat banget kaitannya dengan pilihan makanan. Pilihlah makanan berikut ini sebagai penyembuhannya!

Makanan Tepat untuk Penderita Asam Lambung

Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung via pixabay.com
Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung via pixabay.com

Oatmeal

Penderita penyakit lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit ini. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuatmu kenyang lebih lama. Maka tak jarang makanan ini pun dijadikan untuk makanan menemani diet.

Jahe

Nah, rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat dalam tubuh lho! Namun juga dapat mengurangi risiko naiknya asam di dalam lambung. Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe yang mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit lambung atau maag.

Lidah buaya

Sebagai mana yang kita ketahui, lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, yang ternyata dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan lho!

Baca lainnya  [QUIZ] Inilah Menu Sarapan yang Wajib Kamu Makan Sesuai Zodiak

Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam yang ada di dalam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita lambung.

Daging tanpa lemak

Bagi kamu penderita asam lambung, hindarilah untuk konsumsi makanan berminyak dan berlemak. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar ya!

Pisang

Kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tidak hanya itu, buah lainnya, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

Roti

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca lainnya  Cari Tahu Perbedaan Matcha dan Teh Hijau!

Oiya, selain mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, kamu juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan tidur setelah makan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! Catat asupan makanan yang harus kamu konsumsi di atas. Happy Sharing!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan