Cara Mencegah Percikan Minyak saat Menggoreng

Hai, sahabat Duma! Kali ini, mari kita ngobrol tentang sesuatu yang sering kita temui saat memasak yaitu cipratan minyak yang mengganggu saat menggoreng. Kita semua mungkin pernah merasakannya, kan? Entah apa yang menyebabkan letupan, minyak panas mulai memercik dan mengenai tangan kita. Namun jangan khawatir! Kali ini Duma akan menjelaskan cara mencegah percikan minyak saat menggoreng, yuk kita simak artikelnya!

Cara Mencegah Percikan Minyak

Menggoreng via freepik/jcomp Cara Mencegah Percikan Minyak saat Menggoreng
Menggoreng via freepik/jcomp

Menggoreng merupakan aktivitas yang sering kita lakukan di dapur. Apalagi saat ini banyak sekali resep-resep simple yang mudah kita ikuti. Tentunya semakin menambah kegiatan masak-memasak di dapur menjadi rutin salah satunya adalah aktivitas menggoreng. Kejadian yang tidak mengenakkan biasanya ketika terkena cipratan minyak yang menggangu. Untuk itu mari kita simak cara mencegah percikan minyak ala tim Duniamasak.com berikut ini:

Gunakan wajan besar

Ketika sedang menggoreng, kuncinya adalah memiliki wajan yang lebar dan dalam. Mengapa demikian? Memiliki wajan yang lebar dapat membantu mencegah ledakan minyak karena terdapat lebih banyak ruang bagi minyak untuk bergerak. Selain itu, wajan yang lebar memastikan panas tersebar merata, sehingga hasil gorengan pun menjadi merata.

Baca lainnya  Cara Menghilangkan Noda Bekas Minyak di Dapur

Keringkan bahan yang ingin di goreng

Sebelum menggoreng, pastikan bahan olahan benar-benar kering. Kelebihan air pada bahan makanan dapat menyebabkan ledakan minyak. Jadi, pastikan bahan-bahan tersebut telah kering dengan baik menggunakan tisu dapur atau kain bersih sebelum masuk ke dalam minyak panas.

Gunakan penutup penggorengan

Salah satu cara efektif mengurangi percikan minyak adalah dengan menggunakan tutup penggorengan saat menggoreng. Dengan menutup wajan, dapat membantu membatasi kontak langsung antara minyak dan udara luar. Hal ini dapat mengurangi risiko minyak keluar dari wajan. Namun sahabat Duma wajib tahu, pastikan wajan tidak tertutup seluruhnya, agar uap panas dapat keluar dan menghindari kelembapan berlebih yang dapat mempengaruhi tekstur gorengan.

Itulah beberapa cara mencegah percikan minyak saat menggoreng yang bisa kita terapkan di dapur kita. Ingatlah selalu, keselamatan harus menjadi prioritas utama kita saat memasak. Jadi, mari mulai mempraktikkan tips ini dan menikmati memasak hidangan lezat tanpa khawatir minyak akan meledak. Semoga berhasil, sahabat Duma!

Baca lainnya  [QUIZ] Dari Golongan Darah, DuMa Tahu Buah Hijau yang Kamu Suka!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan