Bagaimana Cara Memilih Alat Masak yang Bagus dan Berkualitas

Share artikel ini:

Memilih alat masak merupakan salah satu bagian terpenting untuk membuat kamu atau keluarga kamu menjadi sehat, pasalnya semakin banyak alat masak yang beredar di pasar dengan harga murah dengan mengurangi kualitas dari alat masak itu sendiri.

Untuk itu kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana cara memilih alat masak yang aman dan berkualitas agar bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang panjang, kamu juga harus lebih selektif dalam memilih alat masak yang aman dan berkualitas. Sehingga anda tidak perlu lagi khawatir dengan kesehatan dan umur dari alat masak itu sendiri.

Berikut DuniaMasak.com akan memberikan tips bagaimana cara memilih Alat Masak yang aman dan berkualitas :

  1. Fitur Anti Lengket

    Sumber foto : m.infospesial.net

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan fitur yang satu ini, dengan adanya fitur anti lengket akan memudahkan proses memasak dan menciptakan olahan menu yang cantik dan tidak lengket.

Selain itu dengan adanya fitur anti lengket ini akan memudahkan kamu dalam proses mencuci, jadi tidak perlu tenaga lebih lagi untuk mencuci alat masak kamu

Akan tetapi, tahukah kamu kalau alat masak dengan kualitas rendah dapat membawa zat karsinogen yang dapat memicu kanker? Oleh sebab itu cobalah membeli perlengkapan dapur terbaik yang terbuat dari bahan enamel berkualitas tinggi yang dilapisi dengan besi cor atau baja. Alat masak ini memiliki sifat anti lengket secara alami dan tidak reaktif dengan zat-zat kimia lainnya.

 

  1. Stainless pada Panci Masak

    Sumber foto : duniamasak.com

Panci masak merupakan peralatan dapur yang wajib ada di dapur kamu, dengan adanya Panci masak akan memudahkan kamu membuat masakan dengan olahan kuah.

Panci dengan bahan Stainless dengan kualitas tinggi akan lebih aman digunakan kamu untuk memasak dibanding dengan panci dengan stainless kualitas rendah, karena panci dengan stainless berkualitas rendah cenderung menggunakan banyak campuran nikel, zat ini sangat mudah larut dan bercampur ke masakan anda.

 

  1. Fungsi Peralatan Masak

    Sumber foto : http://jadiberita.com/

Peralatan masak juga dipengaruhi oleh fungsi barang tersebut. Usahakan kamu membeli alat masak dengan fungsi tunggal, jika menggoreng hanya menggoreng saja atau merebus hanya untuk merebus saja, alasannya adalah jika masih tertinggal sisa bahan masakan pada saat anda mencuci maka bahan tersebut akan bercampur dan menimbulkan racun.

Peralatan masak dengan fungsi tunggal akan lebih awet karena memang di desain khusus untuk satu pekerjaan. Pilihlah peralatan dapur yang mudah dipakai dan nyaman untuk anda, seperti contoh belilah penggorengan atau panci dengan isolator disampingnya untuk memudahkan kamu.

 

  1. Perhatikan Cara Perawatan

Sumber foto : mipacko.com

Cara perawatan juga akan sangat mempengaruhi ketahanan/umur dari peralatan dapur itu sendiri. Ada beberapa tips membeli peralatan dapur jika dilihat dari cara perawatannya :

  • Pilihlah peratalan masak yang mudah dibersihkan
  • Jika memungkinkan pilihlah peralatan dapur yang dapat di bongkar pasang
  • Pilih peralatan dapur yang tidak memiliki warna-warna mencolok. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari lapisan warna yang ada di dalamnya larut kedalam makanan
  • Pilih peralatan masak yang tidak memiliki siku-siku tajam agar tidak membahayakan anda

 

  1. Perhatikan Harga dan Kualitas

    Sumber foto : https://cdns.klimg.com

Pilihlah peralatan masak yang berkualitas, berikut cara memilih paralatan masak yang berkualitas :

  • Untuk peralatan masak yang berhubungan dengan langsung dengan api seperti penggorengan, panci, dan wajan pilihlah yang sudah terdapat logo standar nasional dari bahan tersebut
  • Untuk peralatan masak pendukung seperti Sendok, Spatula, Garpu, atau Pisau anda bebas memilih namun sebaiknya belilah ditempat dan merek yang sudah terpercaya. Agar dapat bertahan lama
  • Untuk peralatan masak Elektronik atau menggunakan daya listrik pilihlah barang dengan merek yang sudah terpercaya, meskipun sedikit mahal cuma keawetan dari barang itu sudah sangat teruji.

Itu adalah beberapa poin penting yang DuniaMasak.com berikan untuk kamu yang akan membeli peralatan masak, jadi udah ga bingung-bingung lagi dong? Walaupun kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli barang-barang itu namun itu semua setimpal dengan kualitas dan ketahanan dari alat masak itu sendiri.

Jelas kamu ga mau dong beli alat masak murah tapi sering mengamalami masalah atau dikit-dikit rusak? Memang seperti yang pepatah bilang “ada harga ada kualitas” tapi jangan lupa juga untuk membeli barang hanya di store yang terpercaya, dan untuk peralatan masak, tidak adalagi yang bisa dipercaya selain di DuniaMasak.com 🙂

Kalau kalian mau tahu info tentang Produk atau info-info unik seputar Makanan, peralatan dapur, atau tempat makan yang sedang hits jangan lupa Follow kami di Instagram @duniamasakid

Share artikel ini:
Baca lainnya  Sisa Kaldu Berlebih? Jangan Dibuang!

Yuk bahas artikel ini!