Begini Caranya Bersihkan Peralatan Dapur mu Dengan Mudah dan Simpel

Share artikel ini:

Membersihkan Dapur via: http://cdn.jitunews.com

Suasana dapur yang bersih dan rapi akan membuat sensasi memasak kamu menjadi nyaman dan menyenangkan, sayangnya sehabis kamu memasak tidak sedikit noda-noda yang menempel pada peralatan masak kamu, seperti tumpahan minyak di kompor, makanan gosong yang menempel pada penggorengan, atau sisa bahan makanan yang terjatuh di kulkas.

Oven, kompor gas, dan kulkas biasanya lebih rumit dibersihkan karena memiliki banyak bagian yang tidak rata dan ukuran yang besar. Membersihkan peralatan masak itu sebenarnya mudah loh sobat DuMa, ikutin yuk tips dari Duniamasak.com ini tentang bagaimana caranya membersihkan peralatan masak agar bersih kembali

  1. Microwave
  • Lepas piring putar dan bagian-bagian lain dalam microwave yang dapat dilepas. Cuci bagian-bagian ini secara terpisah dengan mengikuti petunjuk manualnya.
  • Masukkan mangkuk berisi larutan cuka ke dalam microwave. Jangan gunakan mangkuk logam dan singkirkan sendok logam sebelum memasukkan mangkuk ke dalam microwave. Bahan logam, termasuk kertas aluminium, tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave.
  • Nyalakan microwave selama sekitar 5 menit pada kekuatan sedang. Pastikan isi mangkuk tidak sampai meluap. Uap larutan cuka akan membantu melepaskan kotoran pada bagian dalam microwave.
  • Keluarkan mangkuk secara hati-hati.
  • Lap bagian dalam microwave dengan kain mikrofiber.

Anda bisa mengganti larutan cuka dengan jeruk lemon. Masukkan jeruk lemon yang dibelah dua ke dalam microwave, lalu nyalakan selama satu hingga dua menit.

Uap jeruk lemon dan cuka membantu mematikan kuman pada kotoran yang menempel di microwave serta mengelupas kotoran-kotoran gosong pada dinding microwave. Selain itu, jeruk lemon juga memberikan aroma segar di dalam microwave.

2. Kompor Gas

Pastikan kompor dalam kondisi dingin sebelum anda mulai membersihkannya. Berikut ini cara membersihkan ring pada kompor gas:

  • Umumnya, ring yang berupa kerangka tatakan panci pada kompor gas bisa dilepas dari unit kompor sehingga Anda tinggal membersihkannya secara terpisah. Jika ring menyatu dengan unit kompor gas, baca buku manual kompor tersebut untuk mengetahui cara melepas ring tanpa merusaknya.
  • Rendam ring di dalam larutan sabun cuci piring cair, dan air hangat hingga kotoran yang menempel lepas. Gunakan spons atau sikat cuci piring untuk mengangkat kotoran dan lemak yang melekat.
  • Angkat ring dari air rendaman dan bilas dengan air biasa, lalu keringkan sambil menunggu bagian-bagian lain pada kompor dibersihkan.
Baca lainnya  Makanan dan Minuman Yang Pas Untuk Liburan ke Pantai

Cara membersihkan bagian tungku api:

  • Hindari penggunaan larutan sabun dan air pada tungku api kompor gas. Jika bagian ini basah berlebihan dan terlalu lembap, api berisiko tidak menyala sempurna.
  • Gunakan produk pembersih khusus untuk dapur yang berupa krim, untuk membersihkan tungku api pada kompor gas. Ikuti aturan pakai pada kemasan produk krim. Oleskan krim pada tungku api, lalu gosok dengan spons cuci piring atau lap. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit. Biarkan krim selama beberapa saat pada kotoran yang melekat erat sebelum menggosoknya.
  • Anda tidak perlu membilas tungku api yang telah dibersihkan dengan krim pembersih.

Cara membersihkan permukaan kompor gas:

  • Singkirkan sebanyak mungkin kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor.
  • Untuk bagian ini Anda bisa memakai pembersih dapur berupa cairan. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap atau spons cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel.
  • Pastikan permukaan kompor diseka hingga bersih dan tidak ada bercak-bercak sisa cairan pembersih tertinggal.
  • Permukaan kompor yang telah dibersihkan tidak perlu dibilas dengan air.
Baca lainnya  Hindari 5 Makanan Untuk Ibu Hamil ini Agar Kandungan Sehat

3. Kulkas

  • Walau terdengar sepele, keluarkan semua makanan sebelum kamu mulai membersihkan lemari es. Sekalipun Anda menggunakan produk alami, Anda tentu tidak ingin kegiatan bersih-bersih menjadi tidak leluasa. Kulkas kosong mempermudah pekerjaan membersihkannya dan memperkecil kemungkinan kontaminasi.
  • Keluarkan semua bagian yang bisa dilepas, seperti laci dan rak. Isilah sebuah baskom dengan air hangat dan sabun cuci piring, untuk merendam bagian-bagian tersebut sebelum dilap dan dibilas.
  • Lap seluruh permukaan luar dan bagian dalam kulkas menggunakan tisu basah atau lap bersih yang dibasahi campuran sabun cuci piring dan air hangat. Gunakan kain mikrofiber atau spons berkualitas agar tidak meninggalkan serpihan-serpihan serat di dalam kulkas.
  • Untuk noda membandel, campur sedikit bubuk soda kue dengan sedikit air untuk menghasilkan campuran kental. Oleskan campuran ini pada noda dan diamkan selama satu jam sebelum mengelapnya menggunakan spons atau kain lembap. Bubuk soda kue membuat noda lebih mudah diseka bersih.

Penghisap Asap Dapur via: http://www.anneahira.com

Dan untuk kenyamanan kamu selama memasak jangan lupa juga untuk memasang penghisap asap dapur agar sirkulasi udara di dapur menjadi lancar dan udara menjadi bersih dan sehat, terlihat mahal ya? Tenang aja! Karena di duniamasak.com akan memberikan harga yang menarik mulai dari 700 ribuan dengan merek dan kualitas yang sudah pasti terjamin

Itu dia tadi cara mudah membersihkan peralatan dapur supaya dapur kamu menjadi enak untuk dipandang lagi, kalau untuk peralatan masak yang kecil-kecil seperti spatula, wajan, kompor, blender, kalian bisa lihat di Instagram kita di @duniamasakid

Share artikel ini:

4 thoughts on “Begini Caranya Bersihkan Peralatan Dapur mu Dengan Mudah dan Simpel”

  1. Pingback: Cara Membersihkan Peralatan Masak Kayu di Rumahmu
  2. Trackback: Cara Membersihkan Peralatan Masak Kayu di Rumahmu
  3. Pingback: Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan Yang Menguntungkan
  4. Trackback: Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan Yang Menguntungkan
  5. Pingback: Tips Memilih Cooker Hood Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui
  6. Trackback: Tips Memilih Cooker Hood Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui
  7. Pingback: Kamu Ingin Membeli Oven Listrik? Perhatikan Beberapa Hal Berikut! - DuniaMasak
  8. Trackback: Kamu Ingin Membeli Oven Listrik? Perhatikan Beberapa Hal Berikut! - DuniaMasak

Yuk bahas artikel ini!