Buat Masker Buah Sendiri Yuk!

Masker Buah via Freepik ala tim duniamasak

Wajah bersih dan terlihat sehat adalah idaman setiap orang. Bahkan tak segan kita mengeluarkan dana yang tak murah untuk mendapatkan perawatan kulit yang maksimal. Tidak melulu perawatan yang mahal, ternyata ada juga buah-buahan yang dapat dijadikan masker. Mari kita simak buah apa saja yang dapat dijadikan sebagai masker buah untuk perawatan wajah.

Pentingnya Merawat Wajah

Masker Buah via Freepik ala tim duniamasak
Masker Buah via freepik

Kulit akan kehilangan elastisitasnya bersamaan dengan usia yang semakin bertambah. Apalagi jika kita sering terkena polusi dan paparan sinar matahari, sudah dapat dipastikan kulit kita akan menjadi kusam. Karena itu, sangat penting untuk kita merawat kulit wajah agar tetap terjaga dan terlihat sehat. Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh yang baik untuk kesehatan kulit. Selain olahraga, makanan yang sehat serta perawatan bahan alami juga mampu merawat kulit wajah. Berikut ini adalah masker buah yang sangat baik digunakan sebagai masker:

Kulit Jeruk

Warna orange atau kuning adalah warna yang sangat melekat pada kulit jeruk ini. Namun siapa sangka, kulit yang biasanya kita buang saat menyantap buah jeruk ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Selain menghilangkan bintik hitam kulit jeruk juga mampu mencerahkan wajah. Bagi sahabat Duma yang penasaran bagaimana membuat masker dari kulit jeruk, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Siapkan kulit jeruk dari 3 buah jeruk, satus endok makan yoghurt tanpa rasa dan satu sendok teh madu. Bersihkan kulit jeruk dan potoh kecil-kecil dilanjutkan dengan menjemur potongan kulit jeruk dengan sinar matahari kurang lebih 3 hari. Setelah kulit jeruk kering, tumbuk hingga berupa bubuk halus dan simpan. Jika ingin dipakai sebagai masker, campurkan madu dan yoghurt kemudian oleskan kepada wajah kemudian diamkan selama selama 20 menit. Bilas dan keringkan wajah.

Baca lainnya  7 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Sehari-hari

Tomat

Seperti yang kita ketahui, tomat memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh dan juga kulit. Tomat mengandung asam folat, vitamin C, dan karotenoid. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi jus. Nah kali ini tim Duniamasak akan menjadikan tomat sebagai bahan masker buah untuk meremajakan kulit. Caranya, siapkan satu buah tomat, satu sendok makan oatmeal, dan satu sendok the yoghurt tanpa rasa. Haluskan atau blender tomat dan kemudian tambahkan yoghurt dan oatmeal kedalam tomat yang sudah halus serta aduk hingga merata. Balurkan masker tomat tersebut keseluruh wajah dan tunggu hingga 10 menit. Setelah itu bi;ah wajah sampai benar-benar bersih.

Baca lainnya  Minum Jus yang Lebih Sehat, Ketahui Dulu Hal Berikut Ini!

Mentimun

Mentimun atau yang biasanya disebut timun bagi kebanyakan orang Indonesia adalah buah yang sering kita temui di dalam acar maupun lalapan. Buah dengan nama latin Cucumis sativus ini memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Manfaat dari mentimun adalah membersihkan kulit wajah dan dapat meremajakan kulit. Untuk membuat masker buah dari buah mentimun adalah, siapkan saja setengah potong buah mentimun, seperempat gelas susu, satu sendok makan madu dan satu sendok gula merah. Blender timun yang sudah dikupas hingga mengental, lanjutkan dengan penambahan susu, madu dan gula merah. Aduk timun yang sudah diblender dengan bahan-bahan tersebut secara merata. Masker buah mentimun siap digunakan dna tunggu sekitar 20 menit agar masker meresap diwajah. Bersihkan wajah dengan air bersih dan rasakan perbedaanya.

Pisang

Kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang dimiliki buah pisang sangat bagus untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah. Berikut ini cara membuat masker buah dengan bahan utamanya buah pisang. Siapkan setengah potong buah pisang, satu sendok the lemon, dan setengah sendok teh madu. Blender pisang, madu dan lemon hingga benar-benar halus. Oleskan masker secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit. Dilanjutkan dengan membersihkan wajah dan keringkan dengan tisu wajah.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!