Keuntungan Selama Bulan Puasa Bertabur Berkah

Menyambut bulan puasa dengan Penuh Keberkahan

Selama bulan Ramadhan memang menjadi ladang amal sekaligus peluang besar untuk jauh mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Banyak hal-hal yang kita hindari seperti menundukkan mata sekaligus mencegah diri untuk memperluas pandangan ke semua hal yang dimakruhkan, serta dari apapun yang bisa melalaikan hati. Selama bulan puasa, banyak keutamaan yang kita dapatkan lho sahabat duma, apa sajakah itu? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bulan Puasa Penuh Berkah

Masjid Nabawi saat bulan puasa via pexels.com
Masjid Nabawi saat bulan puasa via pexels.com

Menjaga lisan dari berdusta, menfitnah, mengumpat, mencela, bertengkar, dan munafik. Baik selama bulan puasa maupun tidak bulan puasa.

Selain itu, hendaknya juga kita menahan telinga dari mendengarkan hal-hal yang dimakruhkan. Terlebih lagi sesuatu yang haram diucapkan pastinya haram pula untuk didengarkan. Dalam hal ini Allah SWT menyamakan antara mendengar dan memakan perkara yang haram (sammaa’uuna lil kadzibi akkaaluuna lis suht).

Mencegah bagian tubuh lain seperti halnya tangan dan kaki dari berbuat dosa. Selain itu, mencegah perut dari memakan barang subhat (barang yang belum jelas haram dan halalnya) ketika berbuka. Yang subhat saja tidak diperbolehkan, apalagi yang haram. Wah, kita harus benar-benar teliti ya sahabat duma. Oleh sebab itu, sebaiknya yang berpuasa jangan hanya badannya saja, tapi jiwanya juga harus ikut berpuasa.

Baca lainnya  Minum Susu Bikin Cepat Ngantuk Mitos Atau Fakta?

Nyatanya Selama Bulan Puasa ini Tubuh juga Mendapat Manfaat

Selama bulan puasa dan bagi siapapun yang menjalankannya tubuh terutama jantung akan lebih baik. Banyak yang belum menyadari atau bahkan belum pernah memikirkannya jika ternyata puasa bisa menyehatkan jantung dan juga pembuluh darah.

Pada saat kita sedang berpuasa, ternyata di dalam tubuh kita terjadi proses peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dari banyaknya hasil penelitian menyebutkan bahwa kondisi semacam ini bisa membuat jantung dan pembuluh darah semakin sehat.

Psikologi yang tenang cegah penyakit kronis. Ketika kita sedang berpuasa, selain menahan lapar dan haus, kita diharuskan juga untuk menahan amarah. Kondisi semacam ini secara otomatis akan membuat keadaan psikologis menjadi lebih tenang.

Secara ilmiah, keadaan seperti ini bisa menurunkan kadar adrenalin yang ada di dalam tubuh lho. Dengan minimnya adrenalin seperti ini ternyata dapat memberikan efek yang sangat baik pada tubuh.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Efek tersebut seperti halnya bisa mencegah pembentukan kolesterol serta kontraksi empedu lebih baik lagi. Dimanan kondisi seperti ini bisa mengurangi resiko beberapa penyakit yang sangat berbahaya, seperti penyakit pembuluh darah, jantung koroner, stroke, dan lain sebagainya.

Selain kesehatan dan jiwa, tentu bulan ramadhan juga menjadi ajang silaturahmi kita bersama teman-keluarga terdekat. Sebab pada bulan puasa inilah biasanya waktu yang tepat untuk berkumpul dalam acara buka puasa bersama dan reuni. Wah, psikologi kita pun akan kembali hangat dan senang saat bertemu dengan orang-orang yang sudah lama tak dujumpai.

Oiya, bagi sahabat duma yang mempunyai cerita menarik tentang buka bersama sekaligus boleh diceritakan juga makanan paling digemari keluarga saat berbuka puasa boleh dibagikan kepada kita di kolom komentar ya. Resep-resep berbuka puasa juga akan menyusul sebentar lagi. Maka dari itu, sebelumnya share yuk pengalaman kalian tentang makanan di saat buka puasa. Ditunggu ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!