Begini Cara Efektif Mencuci Brokoli Serta Cara Mengolahnya

Mencuci Brokoli via www.videoblocks.com

Mengonsumsi sayur amatlah penting untuk kesehatan tubuh kita ya sahabat duma! Terutama sayur yang satu ini nih: brokoli. Brokoli kaya akan manfaat apalagi untuk proses tumbuh kembang sang anak. Namun, sebagian besar dari kita seringkali tidak mengetahui cara yang efektif untuk mencuci brokoli. Bukan hanya itu aja nih, bahkan kita seringkali salah dalam memasak brokoli.

Lalu gimana sih cara yang benar mencuci brokoli serta mengolahnya?

Cara Efektif Mencuci Brokoli Serta Memasaknya

Mencuci brokoli via pixabay.com

Mencuci brokoli via pixabay.com

Nah, cara berikut ini merupakan cara yang paling mudah untuk membasmi ulat yang ada di dalam brokoli. Langkah pertama mencuci brokoli yang harus kamu lakukan yaitu, kamu harus menyiapkan air dan garam secukupnya. Lalu masukan garam yang kamu siapkan tersebut ke dalam air. Selanjutnya rendam brokoli ke dalam air garam tersebut. Ketika merendamnya, sebaiknya kamu harus memotong-motongnya terlebih dahulu ya!

Baca lainnya  The 5th MICE Discovery Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury

Merendam brokoli dengan menggunakan hanya air biasanya saja tidak akan membuat ulat yang bersarang di dalam brokoli keluar. Jika kamu memanfaatkan dan menggunakan air garam, kamu bisa membuktikan hasilnya yang berbeda. Ulat yang bersarang akan pingsan dan terapung dipermukaan air. Baru setelah itu akan mati.

Mencuci brokoli dengan cara ini sangat efektif lho! Disebabkan karena air garam memiliki derajat kepekatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cairan yang berada di dalam tubuh ulat. Oleh sebab itu, air garam, akan masuk ke dalam tubuh ulat dan akan membuat metabolisme tubuh ulat terganggu sehingga ulat akan pingsan.

Ketika merendamnya, kamu diharuskan merendam selama 5-10 menit. Setelah semua ulat keluar dari dalam brokoli, kamu bisa langsung mencucinya dengan menggunakan air tawar yang mengalir sebelum dimasak. Itulah tips membasmi ulat yang ada di dalam brokoli.

Baca lainnya  Mengenal Lebih Dekat Sejarah Cap Go Meh

Cara Memasak Brokoli Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Sayuran berwarna hijau biasanya memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, zat besi dan magnesium, yang sangat tinggi. Dimana salah satu contohnya yaitu brokoli, sayur yang satu ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki manfaat atau fungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayur brokoli terbukti lebih tinggi dari pada buah jeruk lho! Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi.

Namun, yang menjadi masalah yaitu semua jenis vitamin yang ada di dalam brokoli mudah larut di dalam air sehingga kurang lebih 50 persen vitamin ini akan hilang ketika brokoli direbus. Selain vitaminnya hilang, penampilan brokoli juga akan menjadi tidak menarik, tidak segar dan sangat layu. Maka dari itu, sebaiknya kamu hanya mengolahnya dengan cara dikukus menggunakan panci steamer saja.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!