Cara Mengatasi Kompor yang Tersendat

kompor yang tersendat via unsplash.com/paolobendandi ala tim duniamasak

Kompor yang tersendat sering menjadi masalah saat hendak memasak makanan untuk keluarga. Tentunya hal ini sangat merepotkan terutama apabila saat terburu-buru menyiapkan masakan yang sedang ditunggu. Biasanya hal ini terjadi karena kompor yang jarang dirawat ataupun memang sudah digunakan sejak lama sehingga menyebabkan kompor tersendat atau bahkan mati total. Lalu seperti apa cara memperbaiki kompor agar normal kembali? Simak caranya dalam artikel berikut ini.

Cara Memperbaiki Kompor

Kompor Gas plus Oven Pemanggang MODENA FC 7943 S via duniamasak.com
Kompor Gas plus Oven Pemanggang MODENA FC 7943 S via duniamasak.com

Masalah Pada Regulator

Cara memperbaiki kompor yang tersendat pertama adalah jika Kamu menemui masalah seperti api susah dinyalakan serta mencium bau gas terus menerus. Maka ada kemungkinan masalahnya berada pada regulator lpg yang sudah rusak. Apabila hal ini terjadi jangan menunggu lama untuk segera melepas regulator dari tabung gas, karena kerusakan pada regulator dapat mengakibatkan kebocoran yang serius. Selain itu waktu untuk menggantinya tidaklah lama, Kamu hanya perlu memasang regulator yang baru seperti sebelumnya. Regulator yang bagus memiliki parameter diatasnya sehingga memudahkan untuk mengetahui sudah tersambung dengan benar atau tidak, selain itu kamu juga dapat mengetahui kapan gas akan habis.

Baca lainnya  Mengulik 'Meals In Jar', Kamu Udah Coba Belum?

Ada baiknya sebelum memasang regulator yang baru Kamu memotong bagian selang yang pernah di tempati regulator lama. Tujuannya agar regulator baru terpasang lebih rapat pada selang sehingga tidak terjadi kebocoran, kemudian jangan lupa untuk menguncinya menggunakan klem.

Masalah Pada Burner

Burner adalah bagian lpg yang bertugas mengeluarkan api dan biasanya berbentuk lingkaran dengan beberapa lubang kecil. Biasanya penyebab burner menjadi tersumbat adalah jarang dibersihkan ataupun memang mengalami perkaratan. Kondisi ini membuat api tidak bisa keluar dengan lancar sehingga menyebabkannya nyala sebagian atau bahkan mati. Jika masih mungkin untuk diperbaiki maka bersihkanlah burner menggunakan sikat atau amplas hingga kotoran yang menyumbatnya rontok. Burner adalah bagian yang rawan untuk terkena kotoran, maka lakukanlah perawatan setidaknya 1 minggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

Masalah Pada Sprayer

Sprayer memiliki peran yang penting yaitu untuk mengeluarkan gas kepada saluran burner yang kemudian diubah menjadi api menggunakan pematik. Jika sprayer mengalami kerusakan atau tersumbat maka sudah pasti kompor tidak dapat digunakan. Untuk memperbaikinya kamu hanya perlu membalik kompor dan mengeceknya melalui bagian bawahnya. Akan tetapi jika terdapat cover yang menutupnya kamu perlu membukanya terlebih dahulu. Apabila terdapat kotoran yang menyumbat sprayer maka lakukan pembersihan secara menyeluruh, Kamu bisa membersihkannya menggunakan air sabun atau bisa juga dengan dibantu kompressor.

Baca lainnya  4 Tips Memilih Kue Lebaran Ala Tim DuniaMasak

Masalah Pada Pematik Api

Untuk pematik yang menggunakan baterai biasanya juga mengalami karatan pada bagian kabel pematiknya sehingga arus listrik tidak dapat disalurkan dengan baik. Maka dari itu, bersihkan karat dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan amplas. Bila perlu periksa juga bagian terminal baterainya apakah mengalami perkaratan atau tidak. Jika terminal memang berkarat maka gosok juga menggunakan amplas, atau lebih baiknya gantilah dengan yang baru.  Adapun masalah lainnya adalah putusnya kabel dari terminal menuju ke pematik api, jika kabelnya putus maka perbaruilah dengan kabel yang bagus.

Masalah Pada Selang Gas

Sama halnya dengan regulator, masalah pada selang akan mengakibatkan kebocoran gas, pada kondisi ini sebaiknya jangan menyalakan api dan lepaskan tabung gas. Periksa sepanjang selang apakah ada lubang kecil atau udara yang merembes, bisa kamu lihat juga apakah penampilan selang masih bagus atau tidak. Jika penampilan selang sudah terlihat rantas dan memang telah lama digunakan maka gantilah dengan yang baru. Untuk lebih amannya tambahkan juga pelindung untuk bagian luar selang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!