Bir Pletok, Minuman Halal yang Kaya Manfaat

Saat mendengar kata ‘bir’, pasti akan langsung terbesit dipikiran bahwa ini adalah minuman beralkohol dan haram. Namun ternyata tidak semua bir itu beralkohol dan ada yang halal. Bir ini berasal dari Betawi dan merupakan salah satu minuman bir yang aman untuk dikonsumsi yaitu bir pletok. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

Asal Usul Bir Pletok

Manfaat bir pletok via idntimes ala duniamasak
Manfaat bir pletok via idntimes

Asal usul nama bir pletok sangatlah unik, kata ‘bir’ diambil dari bahasa Arab Bi’run yang artinya sumber mata air, sedangkan ‘pletok’ diambil dari suara yang ditimbulkan saat membuka botol minumannya. Sebenarnya, bir pletok ini dibuat karena rasa penasaran suku Betawi saat melihat bangsa Belanda meminum beer pada zaman dahulu. Namun, karena minuman beer yang asli itu haram maka solusinya adalah dengan membuat beer versi halal yang sampai sekarang ini dikenal dengan bir pletok.

Bahan pembuatan bir pletok

Bir halal ini terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia yang dapat menghangatkan tubuh. Bahan yang dibutuhkan antara lain: jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan kulit kayu secang. Saat diseduh secara bersamaan, bir pletok akan menghasilkan minuman berwarna merah cokelat pekat yang berasal dari kulit kayu secang sehingga warnanya alami. Untuk penyajiannya, bir ini bisa disesuaikan dengan selera seperti ingin dalam keadaan dingin atau hangat karena rasanya yang unik manis namun sedikit pedas dengan aroma yang harum.

Baca lainnya  Berbagai Macam Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya

Manfaat bir pletok

Selain halal dan tidak beralkohol, bir pletok juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya untuk menghangatkan, namun bir ini juga bisa mengatasi nyeri lambung, memperlancar peredaran darah, memulihkan radang sendi, mengobati migran, hingga mengusir masuk angin. Tentunya bir ini sangat cocok dan lebih nikmat dikonsumsi saat cuaca yang dingin.

Demikian informasi asal usul bir pletok, minuman halal non-alkohol yang kaya akan manfaat. Mari lestarikan budaya khas Indonesia dengan menikmati sajian yang otentik 😀 Selamat mencoba ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan