Cara Mengolah Ikan untuk Menjaga Gizinya

Mengolah Ikan via blog.kitchenwaredirect.com.au
Share artikel ini:
Mengolah Ikan via blog.kitchenwaredirect.com.au

Cara Mengolah Ikan via blog.kitchenwaredirect.com.au

Sudah bukan rahasia lagi jika ikan merupakan penganan yang kaya nutrisi. Ya, ikan merupakan makanan yang rendah kalori dengan jumlah protein yang cukup tinggi. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Namun, tahukah Sahabat Duma, bahwa proses pengolahan yang salah dapat mengurangi (bahkan menghilangkan) kandungan gizi dari ikan. 

Nah, agar tidak mengalami hal itu, Sahabat Duma perlu mengetahui bagaimana cara mengolah ikan dengan tepat. Seperti apa caranya? Yuk, simak informasi berikut ini.

  1. Makan Mentah
    Ikan segar tentu lebih bergizi daripada ikan yang sudah dimasak, apalagi jika Anda menggorengnya hingga kering. Namun, pilih ikan yang aman untuk dikonsumsi selagi mentah. Selain itu, pastikan ikan yang akan Anda konsumsi dibudidayakan dengan cara yang higienis. Salah satu menu makanan yang cocok dengan cara ini, yaitu sushi.
  2. Kukus
    Ikan yang diolah dengan suhu tinggi dapat rusak nilai gizinya. Alih-alih menggoreng ikan, lebih baik Anda mengukusnya. Mengukus dapat mencegah ikan terkena suhu tinggi secara langsung. Selain itu, suhu pengukusan tentu lebih aman untuk menjaga nilai gizi ikan. Salah satu menu olahan ikan yang dimasak dengan cara dikukus ialah: pepes.
  3. Tumis
    Tumis bisa menjadi alternatif lain untuk mengganti proses pengolahan ikan dengan cara digoreng. Ikan yang diproses dengan cara digoreng dapat mengubah lemak baik pada ikan (dan diubah menjadi lemak jenuh). Tentu ini dapat menurunan nilai gizi ikan dan meningkatkan risiko kesehatan bagi tubuh. Oh ya, saat menumis, Anda sebaiknya  menggunakan api kecil dengan sedikit margarine.
  4. Jangan Bersentuhan Langsung dengan Alat Masak
    Tentu kita sudah sepaham jika menggoreng dapat membuat nilai gizi ikan berkurang. Padahal ikan yang digoreng memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lezat. Nah, untuk menyiasati hal ini, Anda bisa melapisi ikan dengan tepung roti. Hal ini untuk mencegah ikan bersentuhan langsung dengan penggorengan ataupun minyak.
Baca lainnya  Oven Baking, Oven Konveksi, dan Oven Combi, Apa Bedanya?

Demikian informasi kami tentang teknik memasak ikan yang baik yang dapat menjaga kandungan gizi pada ikan. Sebisa mungkin hindari mengolah ikan dengan cara digoreng. Pengukusan masih menjadi alternatif solusi yang lebih baik.

Namun, saat akan mengukus ikan, perhatikan peralatan masak yang Anda gunakan. Gunakan peralatan masak yang aman untuk bersentuhan langsung dengan ikan (foodgrade). Salah satu bahan yang aman untuk makanan adalah stainless steel 304. Stainless steel 304 lebih aman dan tahan terhadap korosi. Bahan ini pun memiliki material yang lebih kokoh sehingga lebih awet untuk pemakaian jangka panjang.

Jika Anda tertarik menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel, Anda bisa mengecek daftar harga terbarunya di sini. Selamat mencoba Sahabat Duma!

Baca lainnya  Tentang Ikan Salmon

 

Share artikel ini:

One thought on “Cara Mengolah Ikan untuk Menjaga Gizinya”

  1. Pingback: Tips Lengkap Memilih Ikan Segar | Jurnal DuniaMasak.com
  2. Trackback: Tips Lengkap Memilih Ikan Segar | Jurnal DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!