Cara Minum Air Putih yang Baik dan Benar

Minum Air Putih via pexels.com

Membiasakan diri untuk mempraktikkan gaya hidup sehat memang tidak mudah; terlebih kita semua tahu bahwa begitu banyak orang yang mendambakan hidup sehat namun mereka kesulitan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji maupun mi instan. Salah satu cara untuk hidup sehat adalah rutin minum air putih setiap hari.

Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Minum air putih via pixabay.com

Air Putih via pixabay.com

Sahabat duma, kamu tahu nggak sih? Sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Kita bisa mendapatkan cakupan air tersebut dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air.

Namun, berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh; karena tanpa adanya konsumsi air yang cukup maka kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Selain itu, minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh.

1. Minum Satu atau Dua Gelas di Pagi Hari

Ketika kita bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berapapun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya, kita harus ‘mengisi ulang’ tubuh kita dengan cairan. Minum satu atau dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

Baca lainnya  Sekilas Tentang Forbidden Rice, Sahabat Duma Sudah Tahu?

2. Minum Satu Gelas Sebelum Mandi

Kehangatan air putih yang dikonsumsi, dikombinasikan dengan kehangatan air saat mandi dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Air putih yang kita minum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Minum Satu Gelas Setengah Jam Sebelum Makan

Tiga puluh menit sebelum makan adalah waktu yang tepat untuk minum air putih karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih selama atau tepat sebelum atau setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif. Terlalu banyak asupan air justru dapat merusak pencernaan karena dapat mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

Baca lainnya  Wow! Ternyata Berikut Manfaat Buah Ceri yang Jarang Diketahui

4. Minum Satu Gelas Ketika Merasa Lelah

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air dapat membantu otak bekerja lebih baik. Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi.

5. Minum Lebih Banyak Sebelum dan Setelah Berolahraga

Air dapat mencegah kelelahan. Minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan daya otot tubuh.

6. Minum Satu Gelas Sebelum Tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

7. Minum Lebih Banyak Ketika Sakit

Minum banyak air putih ketika sakit akan membantu memperbaiki daya tahan tubuh lebih cepat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!