Daftar Makanan Enak Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba!

makanan enak khas malaysia nasi lemak via sbs.com.au ala tim duniamasak

Malaysia adalah Negara indah yang bersebelahan dengan Indonesia. Jika kita lihat dari latar belakangnya, Malaysia memiliki beberapa budaya yang tidak jauh beda dengan Negara Indonesia. Untuk soal makanan, Indonesia dan Malayasia terkenal dengan racikan bumbu rempah-rempahnya. Walaupun rempah-rempah yang diolah kedalam makanan tidak sebanyak makanan Indonesia, soal rasa makanan Malaysia sama enaknya dengan makanan Indonesia. Berikut ini tim duniamasak akan memberikan daftar makanan enak khas Malaysia yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Negeri Jiran tersebut!

Makanan Khas Malaysia

makanan enak khas malaysia palak paneer via ruchiskitchen.com ala tim duniamasak
Palak paneer via ruchiskitchen.com

Makanan khas Malaysia umumnya berasal dari tiga etnis yang ada di Malaysia, yaitu Melayu, China dan India. Keragaman etnis yang ada membuat Malaysia memiliki berbagai macam kuliner. Tak hanya ketiga etnis tersebut, makanan khas Malaysia juga tidak luput dari sentuhan kuliner etnis dari Negara Thailand dan Arab loh. Apabila kalian sedang berkunjung di Malaysia, tidak ada salahnya jika kalian melihat daftar makanan enak khas Malaysia berikut ini, yang dijamin menggoyang lidahmu karena kelezatannya.

Nasi Lemak

Sepintas nasi lemak ini mirip nasi uduk ya sahabat duma, dengan tekstur berminyak dan aromanya yang gurih. Nasi lemak ini sebetulnya adalah makanan khas dari etnis Melayu, dimana etnis Melayu tidak hanya tinggal di Malaysia saja. Sehingga nasi lemak ini juga ada di Indonesia dan sangat terkenal di daerah Batam. Nasi lemak ini dihidangkan dengan kacang, telur, sambal, ayam sesuai dengan selera. Orang-orang di negeri Jiran ini sering menyantap nasi lemak di pagi hari.

Baca lainnya  Fakta Seputar Kopi untuk Anak: Simak Penjelasannya di Bawah!

Nasi Kandar

Nasi yang menjadi salah satu nasi yang populer di Malaysia adalah nasi kandar. Nasi yang berasal dari pulau pinang ini memiliki kemiripan dalam hal penyajiannya dengan nasi lemak. Dimana nasi kandar disertai daging, ayam atau makanan seafood. Hal yang menjadikan nasi kandar ini unik dan berbeda adalah taburan kari pada nasi.

Palak Paneer

Palak Paneer ini makanan yang berasal dari etnis India dan Pakistan yang berdagang di Malaysia. Palak yang berarti bayam dan Paneer itu keju india adalah makanan yang meimliki warna hijau dari bayam dengan kari yang kental. Sekilas jika dilihat dari tampilannya memang makanan ini tidak begitu menarik, namun jangan salah rasa dari palak paneer ini dijamin bikin sahabat duma ketagihan.

Baca lainnya  7 Wisata Kebun Kopi yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Char Kway Teow

Dari namanya saja pasti sahabat duma sudah bisa menebak makanan ini berasal dari etnis mana. Yaps, benar sekali makanan ini berasal dari etnis China dan terkenal juga di Singapura. Tampilan makanan ini mirip sekali dengan kwetiau yang ada di Indonesia. Char Kway Teow ini digoreng dan di olah bersama bahan masakan seperti toge, bakso, sosi bahkan ada juga yang menggunakan daging kepiting.

Ayam Pongteh

Ayam Pongteh sangat mirip dengan olahan semur yang kita sering temui di Indonesia namun Ayam Pongteh lebih dikuatkan pada kuahnya karena terdapat campuran tauco. Selain Malaysia, Ayam Pongteh juga terkenal di Singapura. Jika biasanya Ayam Pongteh disajikan dengan daging non-halal, jangan khawatir di Malaysia daging yang disajikan adalah daging ayam halal.

Nah sabahat duma sudah tidak sabar kan ingin mencicipi daftar makanan enak khas Malaysia ? Jika dilihat dari makanan diatas, duma tertarik ingin mencoba makanan Palak Paneer apabila berkunjung ke Malaysia. Kalau kalian tertarik ingin mencoba makanan khas Malaysia yang mana ? yuk kasih tau duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!