Fakta Dibalik Keju Gouda yang Lezat

Share artikel ini:

Sekilas Sejarah Keju Gouda

Hallo sahabat duma, kamu penikmat keju? Pernah makan keju gouda? Keju enak penuh manfaat yang sangat awet dan aman. Yuk simak penjelasan DuniaMasak berikut.

Keju bisa terbuat dari susu sapi, onta, kambing, kerbau dan lainnya, tergantung dari negara masing-masing. Salah satunya keju berwarna oranye kekuningan ini. Berasal dari susu sapi murni, Gouda, nama keju ini persis dengan nama kota pertama kali dibuatnya yaitu kota Gouda, tepatnya di Nederland Selatan. Rasa keju yang manis dengan kandungan asam laktatnya yang hilang. Setelah dipanaskan cairan keju ini dimasukkan kedalam cetakan bulat dengan proses beberapa jam. Setelah tercetak biasanya keju akan dimasukkan kedalam air garam untuk mendapatkan rasa yang khas.

Keju Gouda Via Canadacheeseman.wordpress.com

Keju Gouda Via Canadacheeseman.wordpress.com

Gouda Ekspor memiliki dua variasi, Gouda muda yang berwarna kuning tua dengan bungkus lilin parafin berwarna merah atau kuning. Sedangkan Gouda yang lebih tua memiliki rasa pahit tersembunyi yang tajam, namun masih dianggap lebih berkrim dan kita dapat mengenalinya dari bungkus lilin parafin hitam. Selain itu keju gouda juga memiliki berbagai macam olahan. Gouda asap, yang merupakan keju proses, dan Gouda Leyden merupakan keju yang dibumbui.

Baca lainnya  Bunda Baru Melahirkan? Yuk, Intip Cara Memilih Kulkas untuk Menyimpan ASI!

Fakta Keju Gouda

Tahan Hingga 24 Bulan

Keju Gouda ini, semakin lama disimpan rasanya menjadi manis seperti karamel dengan tekstur garing. Jika disimpan kurang lebih 24 bulan, kulit keju membentuk kristal natrium klorida dan bisa dilepas seperti kain yang lembut. Rasanya menjadi sedikit pahit dan pedas, wah bisa selama itu lho keju ini disimpan. Bahkan keju gouda juga ada yang diberikan potongan kecil paprika merah, untuk menciptakan rasa pedas. Usia keju gouda  yang paling muda saja umumnya sekitar 1 sampai 6 bulan. Permukaan keju, dilapisi parafin lilin merah atau kuning untuk melindungi kualitas keju.

Gouda Cheese Via www.thehealthyhomeeconomist.com

Gouda Cheese Via www.thehealthyhomeeconomist.com

Olahan Makanan dan Minuman

Tekstur dari keju ini sedikit keras namun renyah. Apabila disajikan dalam keadaan panas, keju ini bisa meleleh seperti keju mozzarella. Bagi kamu para pecinta keju, pasti sudah tau kalau rasa dari keju ini sangat gurih dan creamy di lidah. Biasanya keju ini digunakan sebagai toping salad dan kaserol. Gouda juga bisa menjadi penikmat rasa untuk olahan minuman-mu.

Baca lainnya  6 Trend Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Paling Kecil di Tahun 2016

Tinggi Akan Vitamin K2

Keju Gouda sangat tinggi akan vitamin K2. Hal ini disebabkan kultur bakteri yang digunakan untuk memfermentasi susu menjadi keju Gouda. Bakteri yang dihasilkan oleh keju inilah yang menghasilkan jenis khusus vitamin K2 (MK-7). Menurut penelitian, keju ini sama efektifnya dengan bentuk hewani vitamin K2 (MK-4). Vitamin ini sangat menunjang untuk kesehatan manusia bila digabungkan dalam makanan dengan aktivator larut lemak lainnya A dan D.

Hm, bagaimana sahabat duma? Konsumsi keju gouda yuk! Jangan lupa dishare ya!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!