Yuk Intip Aneka Hidangan Idul Adha 1439 H: Sediakan di Rumah ya!

Sahabat duma, sebentar lagi umat muslim akan merayakan Idul Adha  1439 H. Sebagai puncak ibadah haji, seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Adha. Momen ini diperingati dengan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban berupa kambing, domba, sapi, atau unta. Olahan daging tersebut bisa dijadikan hidangan yang beragam lho! Yuk intip informasi lengkapnya di bawah!

Hidangan di Hari Raya Idul Adha 1349 H

Makanan Idul Adha: gulai via rasasayange.co.id

Makanan Idul Adha: gulai via rasasayange.co.id

Gulai

Kamu tahu nggak sih jika ada perbedaan antara gulai dan gule? Kedua nama ini mirip namun berbeda racikan bumbunya lho! Gulai merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Gulai yang mempunyai unsur masakan India dimasak dalam kuah berempah dengan cita rasa gurih. Tidak segurih gulai, kuah gulai lebih cair dan tidak terlalu kental. Gule lebih cenderung menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. Gulai seringkali dijadikan sajian saat perayaan hari besar, termasuk Idul Adha.

Rendang

Tak hanya saat Idul Adha saja nih sahabat duma, daging rendang memang favorit dan terkenal kelezatannya. Bahkan rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, lho! Rendang bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Saat kamu menggunakan daging kambing pastikan mengolahnya dengan baik, supaya tidak meninggalkan rasa amis.

Baca lainnya  Ketahui Berbagai Jenis Garam Beserta Manfaatnya

Sate

Makanan ini sering kali kita jumpai di sepanjang jalan. Sate merupakan cara mengolah daging yang sederhana tapi sungguh nikmat. Saus sate yang paling umum digunakan adalah bumbu kacang dan kecap manis. Hidangan ini juga sangat mudah dibuat di rumah. Perlu diingat, pastikan kamu membakarnya sate hingga matang. Sate daging kambing atau sapi yang kurang matang beresiko membawa penyakit.

Bakso

Makanan ini tak kalah menggodanya untuk dimasak saat Idul Adha. Variasinya pun banyak, kamu bisa menyesuaikan sesuai selera. Cara membuat bakso yang lezat dengan kuahnya yang segar dan gurih tidaklah sulit. Disajikan selagi hangat, terutama dicampur mie atau bihun, taoge, tahu, siomay dan lain-lain.

Kambing Oven

Sangatlah beruntung kalau kamu yang punya oven di rumah. Masakan khas Mesir ini membuat hidangan khas Idul Adha sungguh nikmat. Masakan ini biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk bila dimasak. Cara masaknya mudah kok! Oleskan bumbu pada permukaan kambing sampai rata. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 45 menit atau sampai matang. Tanda daging sudah matang yakni mudah ditusuk dengan garpu.

Sop Buntut

Selain bakso, kamu bisa menikmati hidangan berkuah seperti sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

Baca lainnya  Tren Kuliner 2021, Bisa Jadi Peluang Usaha!

Tengkleng

Makanan ini seperti gulai kambing, namun kuahnya lebih encer. Tengkleng merupakan perpaduan mantap antara tulang, daging, dan jeroan dengan bumbu khusus. Aroma rempahnya sangat kuat dan membuat nafsu makanmu meningkat dengan seketika. Tengkleng biasanya di sajikan selagi hangat bersama nasi atau sate.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan