Ingin Ajari Anak Memasak? Yuk Ikuti Aturannya!

Ajari Anak Memasak via freepik ala tim duniamasak.com

Apakah sahabat Duma berencana untuk mengajarkan anak memasak? Bila iya, ada baiknya membaca tips Duma. Memasak adalah kegiatan yang sangat bagus, baik untuk anak perempuan maupun laki-laki. Apalagi kegiatan memasak ini dapat sahabat Duma ajarkan kepada anak sedini mungkin. Kegiatan memasak akan terasa lebih mudah bila sahabat Duma mendampingi sang anak mengenal dunia masak-memasak. Berikut ini adalah aturan saat ajari anak memasak yang bisa sahabat Duma ikuti!

Ajari Anak Memasak

Ajari Anak Memasak via freepik ala tim duniamasak.com
Memasak bersama anak via freepik

Anak yang berusia 10 tahun sebaiknya sudah mengenal kemampuan masak yang mudah, menurut Academy of Nutritions and Dietetics Amerika Serikat. Kemampuan masak yang sederhana tersebut seperti:

  • Menyortir sayur ataupun buah
  • Membersihkan bahan makanan hingg bersih
  • Merebus makanan
  • Mengukur takaran bahan
  • dsb.

Untuk itu ikutilah aturan saat ajari anak memasak berikut ini, agar anak lebih mudah diawasi:

Meminta ijin memasak

Bila anak ingin memasak, ada baiknya terlebih dahulu meminta ijin memasak kepada orang tua maupun orang dewasa. Hal itu dilakukan untuk mengawasi anak yang sedang belajar ataupun sudah terbiasa memasak. Dengan kita mengawasi anak saat memasak, kita dapat melindungi sang anak dari bahaya ataupun resiko yang kemungkinan terjadi saat memasak.

Baca lainnya  2 Resep Cemilan Enak: Disukai Banyak Orang

Kebersihan tangan

Anak-anak biasanya sering memegang benda apapun tanpa memperhatikan kebersihannya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya sahabat Duma wajib mengajarkan kepada anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memegang bahan masakan yang akan diolah.

Persiapkan semua bahan masakan

Metode mise en place adalah metode dimana bahan-bahan masakan yang akan diolah telah dibersihkan, dipotong dan takarannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan memasak. Metode ini sangat membantu proses memasak menjadi lebih mudah.

Memakai pelindung

Untuk menghindari anak-anak dari risiko bahaya terkena benda panas atau kulit terbakar. Anak diwajibkan menggunakan pelindung seperti lap bersih atau sarung tangan saat memegang peralatan dapur yang panas. Peralatan dapur tersebut bisa berupa panci, mangkuk ataupun piring yang panas.

Baca lainnya  Tips Menata Meja Makan Untuk Menjamu Tamu

Menggunakan pisau

Saat anak menggunakan pisau, pasti sahabat Duma merasa was-was. Pasalnya benda ini sangat tajam dan dikhawatirkan melukai tangan sang anak. Namun, apabila anak diajarkan dengan baik cara menggunakan pisau dengan aman, kekhawatiran itu pun akan berkurang. Ajari anak memasak menggunakan pisau dengan benar. Caranya dengan menggegam pisau dengan sampil menjepit gagang pisau dengan telunjuk dan jempol. Hindari jari-jari terkena pisau dengan mengarahkan jari ke ruas dalam.

Menjaga kebersihan saat memasak

Biasakan anak untuk membersihkan permukaan yang kotor, membuang kulit ataupun biji dari buah maupun sayuran langsung ke tempat sampah dan juga mencuci peralatan masak yang kotor. Kebiasaan membersihkan saat memasak tersebut dapat menjaga dapur tetap bersih walaupun saat sedang memasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!