Ingin membuat MPASI? Jangan Lupa Berikan EVOO

Extra virgin olive oil mpasi via freepik ala duniamasak

Pada saat bayi berusia enam bulan pertama sebaiknya hanya mengonsumsi ASI. Setelah enam bulan, maka bayi baru dapat mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Pada saat inilah para ibu harus lebih memperhatikan MPASI yang akan diberikan kepada sang anak. Pastinya seorang ibu akan memberikan gizi yang terbaik untuk sang buah hati dengan makanan pendukung yang berkualitas. Salah satu bahan yang mempunyai banyak kandungan baik untuk pertumbuhan bayi adalah Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

EVOO ( Extra Virgin Olive Oil )

EVOO atau Extra Virgin Olive Oil merupakan jenis minyak zaitun yang didapat dari proses pemerasan pertama buah zaitun dengan cara press tanpa proses pengilangan serta tanpa proses kimia. Oleh karena prosesnya yang alami, maka semua kandungan baik yang ada pada buah zaitun menjadi tetap utuh. 100 gram EVOO memiliki kandungan antara lain lemak jenuh: 13,8%; lemak tak jenuh tunggal: 73%; omega-6: 9,7%; omega-3: 0,76%; vitamin E: 72% dari AKG; dan vitamin K: 75% dari AKG serta antioksidan. Maka dari itu, minyak zaitun sangat baik untuk dikonsumsi untuk bayi hingga orang dewasa karena kandungan gizinya yang tinggi. Selain itu, manfaat baik Extra Virgin Olive Oil untuk si kecil adalah membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Extra Virgin Olive Oil juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan mengurangi penyakit asma.

Baca lainnya  Keunikan yang Khas dari Arabian Coffee, Berani Coba?

Cara memilih EVOO yang berkualitas 

Untuk bayi sangat disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun jenis Extra Virgin Olive Oil (EVOO) karena minyak ini diyakini paling murni dan mengandung antioksidan yang lebih banyak. EVOO memiliki karakteristik berwarna kuning kehijauan yang pekat dan juga kental, aroma dan rasa yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya. Karakteristik ini murni disebabkan karena Extra Virgin Olive Oil tidak melalui proses yang banyak sehingga rasa alami dari buah zaitunnya tetap terjaga. Jika dilihat dari kemasan, Extra Virgin Olive Oil mempunyai desain khusus yaitu botol berwarna lebih gelap dibandingkan minyak yang lain karena bertujuan untuk meminimalisir cahaya dan proses oksidasi sehingga rasa dan kualitas EVOO tetap aman.

Baca lainnya  Wisata Kuliner Jogja: Liburan Akhir Tahun Part 2

Cara mengonsumsi EVOO yang baik dan benar

Extra virgin olive oil mpasi bayi  EVOO via freepik ala duniamasak
Mpasi untuk bayi via freepik

Untuk mempertahankan kandungan gizi dari EVOO, cara mengolah bahan ini dengan baik dan benar adalah mencampurkan secara langsung dengan bahan-bahan MPASI. Jika ingin diproses dalam masakan, bisa menggunakan api kecil agar meminimalisir kandungan baik yang terurai akibat panas dari proses memasak. Perlu diperhatikan bahwa walaupun memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik, konsumsi EVOO wajib disesuaikan dengan porsi bayi dan tentunya tidak berlebihan. Jika terlanjur mengonsumsi EVOO berlebihan, maka akan menyebabkan diare. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memberikan EVOO pada bayi sebelum umurnya genap 6 bulan. Untuk MPASI pada si kecil, disarankan untuk memberikan sedikit demi sedikit misalnya tidak lebih dari ¼ sendok teh dalam setiap 57 gram sebagai tahap pengenalan dan penyesuaian agar pencernaan anak mulai dibiasakan pada rasa baru yang hasilkan dari MPASI dengan campuran Extra Virgin Olive Oil.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!