Inilah Jenis Peralatan Makan yang Sehat, Sudah Punyakah?

Jenis peralatan makan via freepik ala timduniamasak.com

Dalam menggunakan peralatan makan sebaiknya kita tidak mengutamakan dari segi keindahan saja. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan jenis bahan yang digunakan pada peralatan makan. Jangan sampai, jenis peralatan makan yang kita gunakan malah membahayakan kesehatan kita.

Jenis Peralatan Makan yang Sehat

Jenis perlatan makan via freepik ala tim duniamasak.com
Jenis perlatan makan via freepik

Penggunaan alat makan untuk sehari-hari tentunya membuat kita harus memperhatikan jenis bahan yang digunakan. Pasalnya, jenis bahan peralatan makan yang kita gunakan rupanya dapat memepengaruhi kesehatan kita. Berikut ini adalah jenis alat makan yang sehat:

Bahan kaca

Bahan kaca merupakan salah satu jenis peralatan makan yang tepat. Mangkuk, gelas dan piring biasanya ada yang berbahan kaca. Selain itu bahan kaca juga dapet mempercantik meja makan dengan warna yang menarik serta ditambah dengan ukiran-ukiran yang tentunya menambah keindahan meja makan.

Baca lainnya  Tipe Portafilter untuk Sajian Kopi Espresso

Bahan tembikar

Bahan tembikar yang digunakan sebagai bahan peralatan makan tentunya akan menambah suasana ruang makan sahabat Duma semakin terlihat lebih alami. Bahan tembikar sering digunakan dalam pembuatan mangkuk saji maupun piring saji. Tidak heran bila beberapa masakan khas Indonesia sering disajikan menggunakan peralatan makan berbahan tembikar.

Bahan stainless steel

Peralatan makan berbahan stainless steel sering kita jumpai, karena biasanya sendok dan garpu yang kita miliki berbahan dasar stainless steel. Bahan stainless steel ini memang aman serta memiliki daya tahan yang cukup lama. Tidak heran bila tidak hanya garpu dan sendok saja yang berbahan dasar stainless steel tapi juga ada piring dan mangkuk.

Bahan plastik

Jenis peralatan yang berbahan plastik sangatlah mudah ditemukan, harganya yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa peralatan ini hampir dimiliki oleh sebagian orang. Selain itu, peralatan makan yang berbahan plastik ini memiliki pilihan warna dan design menarik sehingga menambah kecerahan pada meja makan sahabat Duma.

Baca lainnya  Istilah-istilah Kedaluwarsa yang Jarang Diketahui!

Bahan keramik / porselen

Banyak dari kita yang mengoleksi peralatan makan dari bahan keramik ataupun porselen. Umumnya kita akan sering mengoleksi cangkir beserta tekonya. Namun bagi beberapa orang keindahan ukiran yang ada pada peralatan makan jenis keramik dan porselen ini membuat mereka mengoleksinya dalam berbagai varian. Seperti piring, mangkuk, cangkir dan lain sebagainya.

Bahan kayu

Tidak dapat dipungkiri kalau jenis kayu yang dijadikan bahan dalam pembuatan peralatan makanan memang menambahkan kesan etnik. Selain itu alat makan dengan jenis kayu tidak menghantarkan panas, sehingga perlatan makan jenis ini memiliki keunggulan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!