Intip Sajian Khas Vietnam Yang Patut Dicoba

Sajian khas vietnam via freepik ala duniamasak

Vietnam merupakan negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Seperti yang diketahui, Vietnam berdiri berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan. Oleh karena itu, banyak turis yang penasaran dengan kuliner menarik apa yang disajikan di Vietnam. Apakah terdapat banyak sajian Vietnam yang menggabungkan beberapa tradisi memasak dari negara yang berbatasan dengannya? Yuk intip beragam sajian khas Vietnam yang patut dicoba.

6 Sajian khas Vietnam Yang Lezat

Pho

Pho, mie vietnam via freepik ala duniamasak
Pho, mie Vietnam via freepik

Bagi pecinta makanan Asia, pasti sudah pernah mencoba makanan paling populer di Vietnam ini. Mie beras dengan isian potongan daging sapi atau ayam yang dilengkapi dengan taoge dan daun jeruk dinamakan Pho. Mie beras ini merupakan salah satu makanan utama masyarakat Vietnam.

Chao

Chao, bubur Vietnam via linslensbo ala duniamasak
Chao, bubur Vietnam via linslensbo

Selain di Indonesia yang kaya akan beraneka bubur khas banyak daerah, ternyata Vietnam juga mempunyai bubur khas negerinya sendiri yang disebut Chao. Chao merupakan bubur yang lembut dengan isian irisan daging ayam, daging ikan, jeroan, taoge, dan cakwe serta tak lupa disiram dengan saus ikan dan ditaburi irisan daun jeruk, daun bawang serta lada hitam.

Baca lainnya  Kedai Kopi Di Jakarta Dengan Fasilitas Colokan Listrik

Goi Cuon

Goi cuon, salad Vietnam via freepik ala duniamasak
Goi cuon, salad Vietnam via freepik

Bagi yang sedang menjalani gaya hidup sehat, wajib sekali mencoba hidangan dari Vietnam yang satu ini. Goi Cuon adalah sajian salad yang berisi kucai, udang, daging, bihun, lalu digulung dengan kulit tipis berupa rice paper. Meskipun berbentuk gulungan, namun berbeda penyajian dengan lumpia yang digoreng. Goi Cuon tidak digoreng, melainkan hanya tinggal dicelup dengan saus Hoisin atau disebut dengan saus kacang.

Banh Cuon

Banh cuon, kue beras Vietnam via thebestvietnamesefood ala duniamasak
Banh cuon, kue beras Vietnam via thebestvietnamesefood

Jika di Korea terdapat kue beras bernama tteokbokki, di Vietnam juga terdapat sajian dari kue beras yang bernama Banh Cuon. Sebenarnya, kue beras ala Vietnam ini sedikit berbeda dengan Korea karena bentuknya yang lebih tipis serta terdapat isian berupa irisan daging, jamur, bengkuang, dan selada. Seperti Goi Cuon, Banh Cuon juga memiliki cocolan yaitu saus ikan ala Vietnam (Nuoc Mam Cham).

Baca lainnya  Bingung Bagaimana Memilih Pisau yang Bagus? Simak Tips Berikut ya!

Banh Xeo

Banh xeo, crepes sajian khas Vietnam via thebestvietnamesefood ala duniamasak
Banh xeo, crepes Vietnam via thebestvietnamesefood

Siapa yang suka menyantap pancake atau crepes? Vietnam juga mempunyai menu sarapan andalan banyak orang ini dengan cita rasa yang tak kalah nikmat. Perkenalkan, Banh Xeo yang merupakan pancake berbentuk crepes yang terbuat dari tepung beras, santan, kunyit, yang ditumis dengan daging, udang dan taoge. Dalam penyajiannya Banh Xeo juga didampingi dengan selada dan daun herbal sehingga lebih nikmat jika dihidangkan hangat langsung diangkat dari pancinya.

Ca Phe

Ca phe, kopi sajian khas Vietnam via freepik ala duniamasak
Ca phe, kopi sajian khas Vietnam via freepik

Kopi ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ca Phe, kopi asal Vietnam ini merupakan minuman kopi dingin yang dibuat dengan cara menyeduh kopi lalu dicampurkan es batu dan susu kental manis. Proses penyeduhan Ca Phe menggunakan lebih banyak biji kopi yang telah digiling sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses penyeduhan kopi lainnya. Alat penyeduh kopi menggunakan dripper yang terbuat dari baja tahan karat dan berbentuk seperti topi. Pada alat tersebut terdapat bagian pinggir yang bisa ditopang oleh cangkir kopi. Bagian tengahnya berbentuk bundar dan memiliki lubang-lubang kecil sehingga bisa disebut juga sebagai manual brew yang akan menarik banyak penikmat kopi. Kopi ini juga dapat disajikan secara hangat tanpa menggunakan es batu yang dinamakan Ca Phe Sua Nong.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!