Istilah-istilah Kedaluwarsa yang Jarang Diketahui!

Istilah-istilah Kedaluwarsa via dreamers.id ala tim duniamasak.com

Bila kita hendak membeli suatu produk, baik makanan atau minuman, ada baiknya kita memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Tanggal kedaluwarsa memberikan informasi mengenai batas waktu kualitas terbaik dari suatu produk agar aman untuk dikonsumsi. Memperhatikan tanggal kedaluwarsa juga dapat menghindari kita dari makanan-makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Berikut ini adalah istilah-istilah kedaluwarsa yang jarang diketahui.

Istilah-istilah Kedaluwarsa

Istilah-istilah Kedaluwarsa via hip2save.com ala tim duniamasak.com
Tanggal sell by via hip2save.com

Dibeberapa makanan atau minuman umumnya tertera istilah-istilah seperti, Expiration, Best Best Before, Sell By, Use By yang berisi tanggal. Bagi yang belum mengetahui, pasti akan merasa bingung maksud dari tanggal tersebut. Untuk itu ada baiknya melihat penjelasan istilah-istilah kedaluwarsa yang jarang diketahui dibawah ini.

Tanggal kedaluwarsa atau Expiration atau Expired Date

Sahabat Duma pasti sering menemukan kemasan yang terdapat tulisan exp: (expired date). Expired date diartikan sebagai tanggal kedaluwarsa, yang artinya batas waktu aman konsumsi suatu produk. Contohnya bila sahabat Duma menemukan tanggal kedaluwarsa tanggal 1 Februari 2023, berarti setelah tanggal tersebut produk sudah tidak aman untuk dikonsumsi lagi dan dikhawatirkan dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh dan kesehatan. Produk-produk yang telah kedaluwarsa umumnya memiliki perubahan warna, rasa, tekstur serta aroma. Label expired sering disingkat dengan exp, bila kamu mengkonsumsi suatu produk makanan atau minuman ada baiknya melihat tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu ya.

Baca lainnya  Resep Rendang Daging Lezat Menggunakan Panci Presto

Tanggal best if used by atau best before

Best before artinya produk tersebut sangat baik dikonsumsi sebelum tanggal best before yang tertera pada kemasan. Produk sangat baik dikonsumsi dalam artian rasa dan tekstur dari produk tersebut akan lebih enak dan bagus bila dikonsumsi pada tanggal best before. Namun produk yang telah melewati tanggal best before tersebut masih dapat dikonsumsi dengan catatan kita harus memperhatikan secara detail kondisi dari produk tersebut, mulai dari rasa, tekstur dan aroma. Contohnya bila sahabat Duma membeli cokelat yang sudah melewati tanggal best before, cokelat tersebut masih bisa dikonsumsi, tetapi perhatikan baik-baik warna, tekstur, aroma dan rasanya. Jika ada yang perubahan terhadap produk tersebut lebih baik dihindari ya sahabat Duma.

Baca lainnya  Popping Boba, Tren Baru untuk Topping Minuman Kekinian

Tanggal sell by

Sell by adalah batas akhir toko menjual produk tersebut, untuk pembeli kita diperbolehkan membeli sebelum melewati tanggal sell by. Perlu di ketahui, walaupun produk telah melewati tanggal sell by, produk tetap aman dan dapat di konsumsi beberapa hari kedepan, dengan catatan rasa dan konsistensi masih baik.

Tanggal use by

Tanggal use by berarti tanggal terakhir kondisi terbaik dari produk tersebut. Kita masih bisa mengkonsumsi produk tersebut walaupun sudah melewati tanggal use by, namun dengan catatan kualitas dari produk yang telah menurun. Pembuat produklah yang menentukkan tanggal use by. Bila sahabat Duma memiliki produk yang melewati tanggal use by, selama produk dalam penyimpanan yang benar dan sesuai dengan arahan pada kemasan, produk masih aman untuk dikonsumsi ya. Intinya tetap perhatikan juga kondisi dan kualitas dari produk itu sendiri.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!