Keunggulan Alumunium Pan dengan Stainless Steel

Aluminium Pan with Stainless Steel via News.com.au
Share artikel ini:
Aluminium Pan with Stainless Steel via News.com.au - Dunia Masak

Aluminium Pan with Stainless Steel via News.com.au

Pada artikel sebelumnya, Dunia Masak pernah mengulas tentang bahan perangkat masak, dua diantaranya ialah aluminium dan stainless steel. Pada kesempatan kali ini, Dunia Masak akan mengulas peralatan masak hasil ‘pernikahan’ keduanya. Dan memang, kedua bahan ini kini sedang naik daun.

Ya, bahan aluminium dan stainless steel kini banyak digunakan bersamaan untuk membuat peralatan masak. Kedua peralatan ini disinyalir memiliki kemampuan lebih optimal, baik dari segi penghantaran panas, daya tahan, maupun keamanan ketika bersentuhan langsung dengan makanan (foodgrade).

Bahan aluminium memiliki beberapa keunggulan, keunggulan paling utama yang ia miliki yaitu mampu menyebarkan panas dengan baik. Masakan pun dapat matang secara merata dan tidak menyebabkan gosong di salah satu sisinya.

Namun kelemahannya, bahan aluminium mampu bereaksi terhadap makanan yang dapat menyebabkan perubahan warna pada makanan. Jika Anda cermati, bahan makanan seperti telur, tomat, sayur, dan buah-buahan, akan mengalami perubahan warna saat dimasak menggunakan aluminium.

Baca lainnya  Takut Gagal Membuat Roti? Ikuti Tips Berikut!

Nah, kelemahan inilah yang kemudian ditutupi oleh bahan stainless steel. Bahan stainless steel sudah lama dikenal aman untuk makanan karena tidak bereaksi dengan makanan. Namun, bahan ini tidak mampu menghantarkan panas dengan baik, sehingga dapat menyebabkan masakan gosong di salah satu sisi.

Aluminium pan dengan stainless steel membuat pan Anda dapat menyebarkan panas dengan sempurna. Kemanan makanan pun tidak perlu Anda khawatirkan lagi, karena bahan stainless tidak bereaksi terhadap makanan.

Pada peralatan masak berbahan aluminium dan stainless, biasanya bahan aluminium akan diletakkan di bagian dasar. Sementara bahan stainless steel akan diletakkan di permukaan pan. Bahan stainless inilah yang akan bersentuhan langsung dengan masakan, sedangkan bahan aluminium berfungsi untuk meratakan panas pada pan Anda.

Baca lainnya  Tips Cerdas Memilih Alat Masak yang Aman. Yuk, Lindungi Keluarga Anda!

Oh ya, bahan stainless steel ini memiliki sifat yang tahan terhadap goresan. Oleh sebab itu, bahan ini dapat Anda bersihkan dengan menggunakan mesin pencuci piring. Akan tetapi, sebaiknya jangan mencuci pan ini dengan mesin pencuci piring karena dapat meninggalkan goresan pada bahan aluminium yang ada di bagian bawah pan.

Nah, sekarang sudah ┬ácukup paham ‘kan, kenapa peralatan masak berbahan aluminium-stainless steel kian digandrungi. Namun, pada saat memilih peralatan masak, pilihlah yang berkualitas. Anda bisa menemukan pilihan pan berkualitas di Dunia Masak. Tidak hanya merek dalam negeri, merek luar pun hadir di Dunia Masak. Selamat mencoba Sahabat Duma. Yuk, temukan peralatan masak yang sesuai kebutuhan Anda!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!