Fakta Dibalik Kopi dan Durian, Bolehkah Dikonsumsi Bersamaan?

Durian adalah salah satu jenis buah yang memang menggoda ya sahabat duma. Banyak orang yang suka benget dengan buah dengan bau yang khas satu ini. Tekstur daging buahnya pun bakal langsung lumer di mulut karena saking lembutnya. Banyak orang yang menanyakan tentang kopi dan durian apakah bisa dikonsumsi bersamaan? Pertanyaan menarik kan sahabat duma! Simak yuk!

Kopi dan Durian?

kopi dan durian via pexels.com

kopi dan durian via pexels.com

Faktanya adalah durian masuk dalam buah yang cukup berbahaya, khususnya untuk orang-orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan pencernaan pada lambung. Jika kamu seorang penggemar durian sekaligus kopi, bolehkah minum kopi setelah makan durian?

Minum kopi setelah makan durian, boleh dan aman atau tidak?

Banyak informasi beredar seputar masalah kesehatan akibat mengonsumsi kopi dan durian yang berakibat fatal. Namun sebetulnya, boleh tidak sih minum kopi sesudah makan durian? Apakah akan aman-aman saja atau malah berbahaya sehingga harus dilarikan ke rumah sakit seperti kasus yang banyak beredar?

Rupanya, minum kopi sesudah menikmati durian sah-sah saja, boleh karena hal ini bukanlah hal yang mematikan. Bahkan tentang boleh tidaknya konsumsi kopi sesudah makan durian sudah dijelaskan juga oleh beberapa dokter gizi bahwa minuman soda maupun kafein seperti kopi bisa dikonsumsi sesudah atau bahkan di saat bersamaan dengan konsumsi durian. Bahkan untuk risiko keracunan sendiri juga sangat kecil dan hampir tidak ada.

Baca lainnya  Tips Agar Pisau Dapur Tidak Sering Tumpul Lagi!

Hanya saja, tentu menikmati kopi sesudah makan durian dinyatakan aman apabila orang yang mengonsumsinya dalam keadaan sehat. Jika seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, khususnya penyakit kronis, lalu mengonsumsi durian dan kemudian disusul kopi terlalu banyak, hal ini dapat membahayakan kesehatan dan berisiko memperburuk kondisi medis yang sudah ada.

Tips Makan Durian yang Benar dan Sehat

Durian pada dasarnya hampir sama seperti buah yang lain, yakni mengandung berbagai vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan. Kandungan nutrisi di dalam buah durian antara lain adalah antioksidan, vitamin C, karbohidrat hingga serat tinggi. Namun, durian menjadi kurang baik apabila seseorang memiliki riwayat kesehatan yang sudah buruk sebelumnya.

Berikut tips untuk makan durian yang baik dan supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat?

  • Pilih durian yang dalam keadaan setengah matang atau yang mengkal atau masih cukup keras daging buahnya. Menurut seorang dokter spesialis gizi, Samuel Oetoro, karbohidrat di dalam durian yang sudah sangat manis karena saking matangnya justru mampu berfermentasi menjadi alkohol dan inilah alasan mengapa durian jadi tak bagus untuk kesehatan tubuh.
  • Makan dengan porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan.
Baca lainnya  Resep Cara Membuat Pie dari Singkong, Enak dan Gurih!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan