Cita Rasa Kuliner Khas Maluku yang Sayang Banget untuk Dilewatkan

Kuliner khas Maluku ala DuniaMasak via id.wikipedia.org

Hai sahabat duma, kali ini ayo kita telusuri kuliner khas Maluku yuk! Beberapa makanan di bawah ini selain unik, juga memiliki cita rasa yang khas lho! Kamu yang bukan berasal dari daerah Malukupun dijamin ketagihan. Apa aja sih rasa kuliner khas Maluku yang wajib kamu coba? Nih simak!

Kuliner Khas Maluku

Ikan kuah pala kuliner khas maluku via abdulromli.it.student.pens.ac.id

Ikan kuah pala via abdulromli.it.student.pens.ac.id

Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner khas Maluku yang pertama adalah ikan kuah pala banda. Makanan yang satu ini dinobatkan sebagai makanan khas daerah Maluku yang berasal dari Kepulauan Banda. Kelezatannya sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Sejarah menyebutkan bahwa makanan ini merupakan makanan para petinggi Belanda yang datang ke Indonesia.

Ikan Komu Asar

Selanjutnya yaitu ikan komu asar. Makanan khas Maluku ikan asar sudah sangat terkenal yang berbahan baku ikan cakalang. Cara memasaknya unik, ikan cakalang ini ditusuk dengan bambu lalu diasapi selama kurang lebih satu jam. Sajian ini cocok dimakan dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku.

Baca lainnya  Bima Origin Series, Panci Stainless 304 Terbaik di Kelasnya

Sagu Woku Komo-komo

Satu lagi makanan khas Maluku dari sagu, yaitu sagu woku komo-komo. Unik banget ya namanya.  Makanan yang sering dijadikan lauk ini berasal dari sagu yang direndam air dingin dan dibumbui kemudian dicampur dengan jeroan ikan dan santan kelapa cair untuk kemudian dibungkus dengan daun woka. Terakhir, bungkusan tersebut dipanggang hingga daun woka kering lalu siap disantap.

Sambal Colo-colo

Sambal khas Ambon yang satu ini terkenal sangat pedas. Cocok bagi kamu pecinta pedas yang penasaran dengan rasa sambal khas Maluku nih. Terbuat dari campuran tomat muda segar, bawang merah dan cabe rawit serta siraman jeruk nipis tanpa diulek sama sekali. Agar lebih nikmat sajian sambal ini dapat ditambah juga dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, dan kecap.

Baca lainnya  Tips Menghangatkan Makanan Sisa Pesta

Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi salah satu makanan khas yang banyak dikenal masyarakat Maluku maupun luar Maluku. Cara membuatnya pun tergolong mudah karena kamu bisa membuat sendiri di rumah. Bahannya yaitu sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandan, ubi merah rebus, ditambah dengan santan kental dan taburan kenari.

Gohu Ikan

Ada lagi satu jenis makanan Maluku yang terbuat dari ikan tuna. Nama kuliner khas Maluku yang wajib kamu coba ini adalah gohu ikan. Nama lain dari gohu ikan adalah sashami Ternate yang lezat. Memakan gohu ikan, akan membawa kita ke atmosfer layaknya sedang menyantap sajian sashami yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!