Makanan Populer di Ranah Minang, Sudah Pernah Coba Belum?

Hai sahabat duma! Kali ini  tim DuniaMasak akan mengangkat tema kuliner nusantara untuk tema bulan Agustus ini. Selain untuk menambah rasa loyalitas akan daerah asal, kuliner nusantara membuat kita selalu rindu akan menu rumahan keluarga. Nah, jika kamu ingin mencoba beberapa makanan populer di ranah minang, yuk intip rekomendasi makanan populer Minang berikut ini!

Intip Makanan Populer  Ranah Minang yuk!

Rendang makanan populer via seruni.id

Rendang via seruni.id

Sate Padang

Siapa sih yang belum pernah mencoba makanan populer yang satu ini. Nah, saus sate Padang ini menggunakan tepung beras yang sudah diencerkan. Kemudian, dicampur ke dalam air rebusan daging yang kaya rempah. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau bagian lain dari sapi seperti jeroan. Ada tiga macam sate Padang yang memiliki saus berbeda. Sate Padang Panjang sausnya berwarna kuning, sate Padang Pariaman sausnya berwarna merah, dan sate Padang Kota sausnya berwarna kecoklatan, atau sedikit keemasan.

Rendang

Makanan yang satu ini memang menjadi makanan populer bahkan hingga mancanegara lho! Rendang merupakan masakan  yang telah dinobatkan  sebagai makanan paling enak di dunia. Kelezatan daging rendang dipengaruhi pada proses pembuatannya, yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya butuh waktu berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat.

Dendeng Batokok

Dendeng Balado

Selain ikan, dendeng sangat lezat bila dikombinasikan dengan sambal balado. Renyah dan gurih. Dendeng minang berpadu dengan sambal yang diulek kasar. Nah, di restoran minang, dendeng balado berwarna hitam, diiris tipis, dan digoreng sampai kering. Sambalnya terasa pedas karena menggunakan cabai rawit yang tak dibuang bijinya.

Baca lainnya  Kamu Ingin Membeli Oven Listrik? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Ikan Asam Padeh

Ikan asam padeh merupakan salah satu makanan khas Minang yang tidak menggunakan santan. Meski tak bersantan, kuah asam padeh tampak keruh karena menggunakan kemiri. Asam padeh paling sering dipadukan dengan ikan tongkol. Sesuai namanya, rasa masakan ini terasa asam dari kandis dan pedas dari cabai.

Soto Padang

Selain lauknya yang sangat menggoda, orang Minang juga mempunyai soto yang tak kalah lezat. Soto Padang berisi daging kering yang renyah, paru, perkedel, dan suun. Paduan isian lengkap dengan kuah beraroma rempah akan  membuatmu makan dengan lahap. Tambahkan perasan air jeruk, sambal dan kerupuk, lebih menambah kenikmatan.

Baca lainnya  [QUIZ] Dari Golongan Darah, DuMa Tahu Olahan Cokelat yang Kamu Suka!

Baca artikel menarik lainnya:

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan