Konsumsi Sarang Madu, Baik Untuk Tubuh!

Konsumsi Sarang Madu, Baik Untuk Tubuh! via freepik ala tim duniamasak.com

Apakah sahabat Duma pernah melihat selebriti atau orang-orang di media sosial melakukan semacam live streaming dimana mereka makan makanan sekaligus atau biasa disebut mukbang? Honeycomb atau sarang madu adalah makanan enak dan bergizi yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan video mukbang. Sarang madu dibuat oleh lebah madu, hewan yang dikenal karena keahliannya yang rumit. Sarang lebah itu sendiri terbuat dari lilin lebah, yang berbentuk seperti penampang sel heksagonal. Di dalam setiap sel ada madu murni, yang lebih kental karena air yang terkandung sedikit. Nah kira-kira konsumsi sarang madu itu apa saja manfaatnya yah? Yuk kita simak!

Manfaat Konsumsi Sarang Madu

Konsumsi Sarang Madu, Baik Untuk Tubuh! via freepik ala tim duniamasak.com
Sarang madu via freepik

Sarang madu adalah sumber nutrisi yang bagus, dan memiliki banyak manfaat. Sarang madu juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Berikut ini adalah manfaat konsumsi sarang madu yang jarang diketahui banyak orang:

Baca lainnya  Kenali Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh!

Menurunkan kolestrol jahat

Madu adalah sumber lemak tak jenuh. Eksperimental Biologi dan Kedokteran Edisi Maret 2004, menemukan bahwa bahan sarang madu dapat membantu mengurangi kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol yang baik di dalam tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka

Madu dalam sarang madu adalah madu murni. Madu tinggi akan vitamin dan mineral yang membantu memperbaiki sel dan menyembuhkan luka. Infeksi bakteri pada jaringan yang rusak dapat disembuhkan dengan memakan sarang madu. Hal ini bisa diatasi dengan zat antibakteri alami yang dikandungnya.

Mengobati peradangan

Berbagai jenis vitamin, mineral serta protein yang terdapat pada sarang madu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, peradangan yang disebabkan oleh bakteri serta virus dapat diobati dengan mengkonsumsi sarang madu. Kandungan bioflavonoid membantu membunuh jamur, bakteri, maupun virus di dalam tubuh.

Baca lainnya  Fairmont Jakarta Menyambut Musim Liburan Dengan Berbagai Kemeriahan

Menjaga kesehatan mulut

Tak hanya memiliki banyak manfaatnya untuk organ tubuh, sarang madu dapat menjaga kesehatan mulut. Tak hanya itu sarang madu juga mengandung sifat antibakteri untuk membantu pembersihan dan penyembuhan infeksi pada gigi serta gusi. Getah madu yang terkandung pada sarang lebah juga dapat menghilangkan plak sekaligus menguatkan gusi.

Membantu proses metabolisme glukosa

Tubuh kita biasanya memerlukan glukosa dalam menghasilkan energi. Telah ditemukan bahwa keberadaan alkohol lilin dalam sarang madu mampu membuat tingkat metabolisme glukosa yang sehat pada tubuh. Energi dapat dipulihkan hanya dengan mengonsumsi sarang madu.

Melindungi fungsi hati

Madu murni dalam sarang terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya bermanfaat sebagai perlindungan organ hati dalam tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!