Manfaat Buah Kiwi yang Jarang Diketahui!

Buah kiwi atau yang dengan nama lain kiwifruit adalah salah satu jenis buah yang sangat populer di seluruh dunia. Kiwi memiliki kulit berwarna cokelat dengan rambut halus di bagian luarnya ini memiliki rasa yang asam dan manis, serta kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi berasal dari Tiongkok, namun kini sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Yuk kita simak manfaat buah kiwi!

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi yang Jarang Diketahui! via freepik/jcomp ala tim duniamasak
Kiwi via freepik/jcomp

Rasanya memang sedikit asam dipadukan dengan manis siapa yang menyangka buah ini kaya akan manfaat. Tak heran jika buah yang satu ini memang dibudidayakan untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat buah kiwi yang wajib sahabat Duma ketahui:

Sumber vitamin C

Salah satu manfaat utama dari buah kiwi adalah sebagai sumber vitamin C yang sangat tinggi. Dalam satu buah kiwi yang berukuran sedang, terkandung sekitar 64 mg vitamin C, yang setara dengan 71% kebutuhan harian tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara rutin, Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah risiko penyakit infeksi.

Tinggi serat

Selain itu, buah kiwi juga mengandung serat yang tinggi, yakni sekitar 2,6 gram per buah. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah risiko penyakit jantung. Kandungan serat yang tinggi juga membuat buah kiwi menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sedang menjalani program diet, karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca lainnya  Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Kaya akan vitamin

Selain itu, buah kiwi juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin E, kalium, dan magnesium. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang, sementara vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan kulit. Kalium dan magnesium juga memiliki peran penting dalam menjaga tekanan darah dan fungsi jantung yang sehat.

Antioksidan

Tak hanya itu, buah kiwi juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah risiko penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makula.

Menjaga kesehatan kulit

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang terkandung, buah kiwi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya dan tampak lebih muda.

Untuk mendapatkan manfaat buah kiwi secara maksimal, sebaiknya konsumsilah buah kiwi dalam keadaan matang. Buah kiwi yang matang akan memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lembut. Anda juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus atau tambahkan ke dalam salad buah, untuk variasi konsumsi yang lebih menarik.

Baca lainnya  5 Manfaat Kapulaga, Redakan Peradangan!

Itulah beberapa manfaat buah kiwi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk menikmati buah kiwi secara teratur dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan