7 Makanan & Minuman Wajib Saat Buka Puasa, Sediakan ini ya!

7 Makanan & Minuman Wajib Saat Buka Puasa Bersama DuniaMasak via zipongo.com

Makanan & minuman wajib berikut ini sangat dianjurkan atau bisa dibilang harus disediakan saat buka puasa. Makanan & minuman wajib di sini bukan berarti wajib ataupun paten secara Islami ya sahabat duma, namun makanan & minuman wajib di sini artinya adalah asupan yang paling dianjurkan saat berbuka puasa, ataupun asupan yang wajib kamu konsumsi di bulan Ramadan menurut para ahli gizi.

Pentingnya Menyediakan Makanan & Minuman Wajib Berikut ini

Makanan & Minuman wajib sehat via www.tokopedia.com

Makanan & Minuman sehat via www.tokopedia.com

Jus Buah dan Sayur

Ketika berbuka puasa, usahakan selalu menyediakan jus buah dan sayur. Hal ini berguna karena jus dan sayur mengandung serat dan pemanis alami yang akan membantu proses pencernaan berjalan lancar setelah berbuka puasa.

Buah Mentah

Buah-buahan sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena selain mengandung serat buah juga kaya akan vitamin ya sahabat duma! Oiya, selain itu buah adalah makanan yang lebih mudah dicerna sehingga tidak menimbulkan reaksi pada lambung. Sebaiknya saat berbuka puasa pilihlan buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka, melon, blewah, anggur, apel, dan lainnya. Namun hindari buah yang asam saat berbuka puasa seperti jeruk, nanas dan buah asam lainnya.

Baca lainnya  Kenali Bahan Perangkat Masak Sebelum Anda Beli. Yuk, Cari Peralatan Masak yang Aman!

Yogurt

Yogurt penting melengkapi menu berbukamu dikarenakan yogurt mengandung probiotic atau bakteri baik yang mampu membantu sistem pencernaan terutama dalam usus besar. Konsumsi yogurt tanpa pemanis adalah salah satu pilihan yang tepat saat berbuka puasa.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik dijadikan menu berbuka puasa karena mengandung serat dan protein yang baik untuk proses regenerasi sel dalam tubuh kita. Kamu bisa merebus kacang tanah atau mengolah kacang hijau maupun kacang merah sesuai selera.

Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti kentang, ubi atau singkong baik dijadikan menu buka puasa dan bisa diolah menjadi beragam menu makanan lezat saat berbuka puasa. Banyak resep kreatif untuk membuat umbi-umbian ini agar tidak bosan dikonsumsi terus menerus. Terlebih umbi kaya akan karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna dan tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis. Itulah sebabnya umbi-umbian bisa membuatmu merasa lebih kenyang dan dianjurkan untuk penderita diabetes.

Baca lainnya  Trik Membuat Kue, Apa Aja sih yang Harus Kamu Lakukan?

Susu

Susu adalah salah satu jenis minuman yang sangat mudah dicerna tubuh dan bisa memberikan energi dengan cepat. Memang biasanya jarang orang yang mengonsumsi susu secara langsung saat berbuka puasa namun susu banyak digunakan sebagai campuran menu berbuka puasa seperti puding, es buah atau lainnya. Akan lebih baik lagi jika kamu tidak mencampurnya dengan pemanis buatan. Hindari penggunaan susu kental manis berlebihan karena kadar gula yang tinggi tidak baik dicerna oleh tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!