Konsumsi Makanan Rendah Kalori dan Lemak Berikut Ini!

Sahabat duma, bagi kamu yang ingin hidup sehat dan terhindar dari segala penyakit, makanan rendah kalori dan lemak berikut ini dapat mendukungmu untuk hidup sehat lho. Jangan malas mengonsumsi makanan di bawah ini. Yuk simak penjelasannya!

Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Makanan rendah kalori via pixabay.com

Ikan via pixabay.com

Buah-buahan

Buah-buahan dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Cobalah untuk mengonsumsi apel atau melon yang kaya akan serat. Selain mengenyangkan, makanan rendah kalori ini juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kamu dapat mengganti aneka cemilan tinggi kalori dengan buah-buahan yang lebih sehat. Jika kamu bosan mengonsumsi buah potong segar, kamu juga bisa mengganti cemilan dengan keripik buah alami.

Sayur-mayur

Sayuran kaya akan serat dan memiliki efek mengenyangkan yang lebih baik dari buah-buahan. Gantilah sebagian porsi makanan beratmu dengan makanan rendah kalori ini. Kamu juga bisa menambahkan lebih banyak sayur dalam menyajikan sandwich atau omelette untuk memberikan efek lebih kenyang sekaligus memperkaya kandungan nutrisinya. Selain mengonsumsi sayuran segar, Kamu juga bisa mengonsumsi keripik sayur untuk memenuhi kebutuhan serat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan serat yang mampu memberikan efek kenyang dengan kandungan kalori yang rendah. Kamu dapat menyajikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat. Akan tetapi, pastikan bahwa kacang yang kamu olah tidak melalui proses penggorengan atau penambahan gula dan garam berlebih agar makanan rendah kalori ini tetap memberikan manfaat sehat yang optimal.

Baca lainnya  Dekorasi Khas Imlek: Hiasi Dapurmu, Berikut Tips dan Triknya!

Produk Susu Rendah Lemak

Meminum susu bisa dijadikan salah satu cara untuk memberikan efek kenyang. Begitu pula dengan aneka produk susu lainnya seperti yoghurt atau keju. Pilihlah susu rendah lemak jika kamu ingin tetap mengonsumsi minuman atau makanan rendah kalori.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh merupakan makanan rendah kalori yang paling mengenyangkan. Karena terbuat dari biji-bijian utuh yang terjaga kandungan serat dan aneka nutrisinya, makanan rendah kalori ini paling dianjurkan selama menjalani diet. Beberapa contoh biji-bijan utuh yang dapat kamu konsumsi adalah jagung atau oat. Kamu juga bisa memilih cemilan yang lebih sehat dan rendah kalori seperti popcorn yang terbuat dari jagung atau granola yang terbuat dari oat.

Daging Tanpa Lemak

Beberapa orang mengira bahwa daging merupakan makanan yang tinggi kalori. Akan tetapi, sebenarnya daging tanpa lemak dapat  digolongkan sebagai salah satu makanan rendah kalori. Agar kandungan kalorinya tetap terkontrol, hindari proses memasak daging dengan tambahan lemak seperti minyak atau mentega. Agar kalori olahan daging tidak tinggi, masaklah daging tanpa lemak dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Jika kamu ingin mengonsumsi olahan daging yang lebih sehat, pilihlah olahan daging sapi yang dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti dendeng daging sapi alami.

Baca lainnya  Tips Mengatasi Makanan Menumpuk Setelah Idul Fitri

Ikan

Ikan juga kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang. Meskipun mengandung lemak, lemak yang terkandung dalam daging ikan merupakan lemak sehat yang akan membatu mengusir lemak jahat dalam tubuh kita.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan