Makanan Ringan Khas Indonesia Yang Hampir Terlupakan

Share artikel ini:

Makanan Ringan via: http://www.tersedap.net

Dijaman modern seperti sekarang ini tentunya sangat sulit sekali menemukan jajanan tradisional yang mungkin pada jamannya dulu sangat di gemari masyarakat, seiring dengan perkembangan jaman makanan tradisional ini sudah mulai sulit untuk dijumpai.

Padahal makanan ringan ini memiliki rasa yang unik dan ga akan bisa terlupakan loh! Ada beberapa jenis makanan tradisional yang hampir terlupakan, mau tahu jajanan apa aja? Simak yuk artikel yang DuniaMasak.com rangkum untuk kamu

  1. Kuping Gajah

    Kue Kuping Gajah via: http://masakanlezat.com

Makanan ringan yang cukup populer dulu nih, maksud “kuping gajah” disini bukan beneran kuping gajah loh ya, tapi hanya sebutan untuk makanannya karena memiliki bentuk yang mirip dengan kuping gajah, ciri khas dari makanan ini adalah warna hitam putih yang melingkar pada seluruh bagian pada kue ini

2. Permen Warna Warni Isi Biskuit

Permen Warna Warni via: https://gudeg.net

Generasi 90an pasti gak asing nih sama permen ini, permen dengan berbagai macam warna dengan isian biskuit ini memang sangat populer pada tahun 90an sampai 2000 awal, ada juga yang berkomentar bahwa permen ini sudah lama ngga kelihatan di pasar, sedih ya padahal permen ini sekali makan bisa bikin kamu ga bisa berhenti

3. Kue Rangi

Kue Rangi via: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com

Kue khas Betawi ini bentuknya mirip dengan kue pancong atau bandros, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Rasanya juga jauh berbeda karena kue rangi ini terbuat dari bahan yang sederhana, yaitu hanya campuran tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah, nah si gula ini nih yang biasanya idaman banget waktu kita kecil dulu hehe

4. Klepon

Klepon via: http://resepdanmasakan.com

Klepon ini bentuknya mirip banget sama onde-onde hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil dan teksturnya tidak terlalu kering atau agak basah dan empuk. Makanan ini dibuat dengan campuran berbagai bahan dan diatasnya ditabur dengan kelapa parut serta di dalamnya biasanya diisi dengan gula merah yang meleleh saat digigit, hayo ngaku siapa yang dulu cuma doyan hisap gula merahnya aja?

5. Untir-untir/Kue Tambang

Kue Tambang via: http://farm8.staticflickr.com

Makanan dengan bentuk yang mirip dengan tali tambang ini memiliki rasa gurih, manis dan renyah yang menjadikan makanan ini cocok banget dijadikan cemilan, sekaligus teman untuk minum kopi atau teh. Makanan ini dulu banyak ditemui di pasar atau dijual dengan kemasan kantong plastik, tetapi jangan lupa untuk berhati-hati saat makan kue ini ya karena teksturnya yang keras sehingga dapat merusak gigi kamu

6. Wajik

Wajik via: http://resepcaramemasak.info

Wajik adalah makanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari beras ketan putih dan gula jawa merah, makanan ini idientik dengan hajatan di daerah Jawa, biasanya makanan ini sebagai hidangan para tamu ataupun dibagikan sebagai oleh-oleh orang sehabis menghadiri suatu hajatan, tapi sangan disayangkan banget nih makanan ini sekarang sudah tergeser oleh makanan-makanan modern dan makanan-makanan modern dan makin jarang dijumpai

7. Apem

Kue Apem via: http://www.detektifrasa.com

Nah kalau ini adalah makanan tradisional warisan nenek moyang yang paling langka, anak-anak muda jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal makanan ini. Kue ini hampir mirip dengan carabikang, alat dan cara membuatnya juga sama. Bedanya apem dibuat berbentuk bulat pipih dan diatasnya biasanya diberi hiasan berupa cikal kelapa. Rasa dari makanan ini manis dan gurih serta legit dilidah.

 
Siapa nih yang udah ngerasain semua makanan itu? Beruntung banget ya kalau kamu adalah orang yang pernah merasakan betapa enaknya makanan itu. Jadi teringat masa kecil dulu ya sobat DuMa? Padahal makanan ini gak kalah enak loh sama makanan hits yang kekinian itu, mungkin karena cara penyajiannya yang masih terkesan biasa saja ya sehingga makanan-makanan enak ini kalah dengan jajanan sekarang.
Sekian dulu ya informasi yang DuniaMasak.com berikan untuk sobat DuMa tercinta, kalau kamu masih ingin melihat informasi unik lainnya jangan lupa ya untuk Follow kita di Instagram @duniamasakid 🙂

Share artikel ini:
Baca lainnya  Mitos Dalam Mengkonsumsi Mie Instant

Yuk bahas artikel ini!