Penting! Cegah Berbagai Macam Penyakit dengan Makanan Sehat

Makanan Sehat bersama DuniaMasak via guydroog.com

Tubuh yang sehat perlu didukung oleh pola makan seimbang serta didukung dengan gizi lengkap dalam proporsi yang tepat.  Olah raga serta gaya hidup sehat juga sangat penting.  Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan harus mengandung zat yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, air, dan lain-lain. Nah apa aja sih yang dimaksud dengan makanan sehat? Simak ulasan dari tim DuniaMasak di bawah ini ya.

Mari Rutin Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat via www.khalis.pk

Makanan sehat via www.khalis.pk

Empat Sehat Lima Sempurna

Makanan sehat terdiri dari gizi yang optimal. Maksudnya adalah gizi yang kuantitas dan kualitasnya cukup sehingga tubuh berada pada kondisi yang baik dan sehat. Apabila asupan gizi kurang dari batas minimum, akan timbul masalah kurang gizi, misalnya kurang vitamin A menyebabkan gangguan penglihatan, kurang zat besi menyebabkan anemia, dan lain-lain. Demikian pula dengan batas angka maksimum, juga tidak boleh dilampaui, karena akan timbul masalah seperti kelebihan berat badan (obesitas), asam urat tinggi, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

Baca lainnya  Tips Membuat Jus untuk Bayi 7 Bulan dengan Rasa Nikmat & Lezat

Kurangi Makanan Instan

Sekarang ini pola makan yang serba praktis dan instan yang berkembang di masyarakat seperti makanan cepat saji dan makanan dengan bahan pengawet. Makanan tersebut umumnya mempunyai nilai nutrisi yang rendah, mengandung lemak jenuh kolesterol tinggi, tinggi garam dan rendah serat. Dengan sifat seperti itu tentunya makanan pengawet dan siap saji tidak begitu menyehatkan tubuh, sehingga apabila terlalu sering dikomsumsi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit.

Salah Diet Bisa Terkena Osteoporosis

Diet yang tidak tepat seperti menghilangkan susu sama sekali dapat mengakibatkan defisiensi kalsium, padahal tubuh manusia membutuhkan kalsium sekitar 500-1000 mg setiap harinya. Sebuah riset menunjukkan satu dari lima orang yang melakukan pola diet mengalami osteoporosis. Bahan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi yaitu: ikan teri, ikan sarden, dan sebagainya dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan kandungan kalsium.

Lemak Bermanfaat dan Lemak Berbahaya

Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi selain karbohidrat, terutama sumber lemak yang mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal yang kaya akan omega-9 dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida tinggi.

Baca lainnya  Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas, Bunda!

Berbeda halnya dengan lemak yang berbahaya bagi kesehatan yaitu lemak yang mengandung asam lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol tinggi, seperti yang terdapat pada daging berlemak, jeroan (usus, babat, paru, dan lain-lain), masakan bersantan,dan sebagainya.

Untuk menuju makanan yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), jantung koroner, stroke dan terutama kanker, selain mengurangi makanan yang berlemak, juga sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan serat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar terutama yang mengandung sumber antioksidan seperti wortel, brokoli, bayam, kangkung, seledri, labu kuning, terung, tomat, jeruk, mangga, pepaya, cheri, dan lain-lain.

Kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kedelai, kecambah, sereal, dan lain-lain. Dalam biji-bijian dan kacang-kacangan tersebut terkandung vitamin E yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang mengurangi risiko terjadinya kanker.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!