Makanan Untuk Memperlancar ASI Setelah Melahirkan

Pentingnya ASI Setelah Melahirkan via pexels.com

Hai sahabat duma! Bagi para Bunda yang mengalami masalah kurang lancar memproduksi ASI setelah melahirkan, berikut DuniaMasak akan memberi penjelasan seputar makanan apa aja yang bisa melancarkan produksi Air Susu Ibu (disingkat ASI). Kamu wajib mencobanya nih, untuk mengatasi masalah kurangnya produksi air susu ibu. Yuk simak!

Daftar Makanan untuk Memperlancar ASI Setelah Melahirkan

1. Pepaya

Manfaat Pepaya via www.alodokter.com

Manfaat Pepaya via www.alodokter.com

Pepaya yang memiliki banyak manfaat baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim ini membantu pencernaan protein. Sebagaimana yang kita tahu, Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi air susu. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi air susu ibu. Pepaya ini dapat dimakan secara langsung ketika sudah matang ataupun dibuat sup bila masih mengkal. Banyak masakan yang dapat dibuat menggunakan pepaya mentah sebagai bahannya, misalnya sayur asam dan sup ikan dengan pepaya.

Baca lainnya  Bulan Ramadhan Hampir Tiba, Haruskah Berhenti Minum Kopi?

2. Sup Daging / Ayam / Ikan

Selain pepaya, sup juga merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan baik untuk tubuh. Sedangkan daging / ayam/ ikan dapat menambah protein bagi tubuh. Selain itu, pada umumnya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sehingga, wajar saja sup dapat memperlancar produksi air susu ibu.

3. Havermouth (Oatmeal)

Oatmeal via thedolcediet.com

Oatmeal via thedolcediet.com

Nah, makanan yang satu ini ternyata juga memperkaya kandungan air susu dalam tubuh bunda lho. Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Seorang wanita yang duduk memakan havermouth akan merasa rilaks dan memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI.

4. Bayam

Sayuran bayamadalah sayuran yang sangat berkhasiat untuk menambah kandungan susu dalam tubuh sang ibu. Karena bayam kaya zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Jadi selain bayam, kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran hijau lainnya ke dalam menu sehari-hari, agar terdapat variasi makanan yang memperbanyak ASI.

5. Labu

Berbagai jenis labu seperti labu botol, labu siam dan juga labu kuning merupakan jenis makanan  yang bisa kamu digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Selain memang labu dikenal dengan gizinya yang tinggi, labu juga sangat mudah dicerna oleh usus sehingga menghindarkan kita dari sembelit. Sama halnya dengan sayuran hijau, labu juga memiliki kandungan zat besi. Meskipun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan sayuran yang warnanya hijau, labu bisa menjadi pilihanmu untuk menambah daftar menu untuk sang ibu.

Yuk jaga kesehatan bunda ya biar si kecil mendapat asupan gizi yang sehat. Jangan lupa share ya! Selamat beraktivitas!

Baca lainnya  Makanan Sehari-hari yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!