Makna Sajian Nasi Tumpeng dalam Perayaan 17 Agustus

Makna sajian nasi tumpeng via kitchenofindonesia.com ala tim duniamasak.com

Nasi tumpeng umumnya sering disajikan saat perayaan kemerdekaan Indonesia. Kehadiran nasi tumpeng memiliki makna tersendiri. Tumpeng, awalnya adalah simbol mandala (persembahan), bentuknya menyerupai Gunung Semeru yaitu berbentuk kerucut. Tumpeng juga diartikan gunung emas dalam ajaran Buddha Varjrayana. Tumpeng sangat identik dengan gunung, sama halnya dengan kekayaan alam Indonesia yang memiliki banyak gunung. Tumpeng sendiri saat ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan YME. Rasanya yang enak serta bentuknya yang indah rupanya terdapat tersirat makna sajian nasi tumpeng. Apa saja ya makna dari nasi tumpeng tersebut? Yuk disimak!

Makna Sajian Nasi Tumpeng

Makna sajian nasi tumpeng via bobo.grid.id ala tim duniamasak.com
Nasi tumpeng via bobo.grid.id

Adanya nasi tumpeng dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia rupanya memiliki daya tarik tersendiri. Hiasan lauk pauk yang berada disekeliling nasi tumpeng memiliki makna tersembunyi. Berikut ini adalah makna sajian nasi tumpeng yang wajib sahabat Duma ketahui:

Baca lainnya  Tips Menggunakan Mixer yang Tepat Bagi Kamu Para Pemula

Nasi

Awalnya nasi tumpeng berwarna putih, namun saat ini nasi tumpeng memiliki varian nasi mulai dari nasi kuning, nasi uduk maupun nasi putih. Makna dari nasi itu sendiri adalah makanan yang kita akan makan haruslah bersih dan juga halal.

Ikan

Ikan yang awalnya sebagai pelengkap nasi tumpeng adalah ikan lele namun saat ini sebagian orang sudah mengganti dengan ikan lainnya. Makna dari ikan lele sendiri adalah keuletan hidup, pasalnya ikan lele mampu bertahan hidup di dasar sungai dan air yang tidak mengalir.

Ikan teri

Adanya ikan teri dalam nasi tumpeng juga memiliki makna. Makna tersbeut adalah kerukunan dan kebersamaan layaknya ikan teri yang hidupnya selalu bergerombolan atau berkelompok di laut.

Sayur urab

Sayur urab yang memiliki banyak isian sayuran mulai dari kangskung, bayam, toge dan kacang panjang ini juga memiliki makna. Kangkung yang berarti jinangkung (melindungi), bayam yang berarti ayem tentrem (tentram), toge yang berarti tumbuh dan kacang panjang berarti pemikiran kedepan.

Baca lainnya  Tipe Portafilter untuk Sajian Kopi Espresso

Telur

Telur rebus yang disajikan utuh dengan kulitnya memiliki makna bahwa kita sebagai manusia diciptakan dengan fittrah yang sama. Kulit telur yang belum dikupas memiliki arti bahwa sega tindakan harus di rencanakan dahulu yang dilambangkan dengan dikupas. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Cabai merah

Cabai merah yang ada pada nasi tumpeng tidak hanya sebagai hiasan. Cabai merah tersebut melambangkan api yang memberikan cahaya manfaat.

Ayam

Umunya ayam yang disajikan dalam nasi tumbeng adalah ayam jago atau jantan. Hal itu bermakna untuk menghindari sifat ayam jago yang sombong dan mau menang sendiri.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!