Seitan, Makanan Pengganti Daging yang Rasanya Enak!

Mengenal seitan via freepik ala tim duniamasak.com

Bagi para vegetarian pasti sangat menghindari makanan yang terdapat olahan daging didalamya. Namun ternyata para vegetarian tidak perlu khawatir lagi jika sedang rindu dengan makanan olahan daging, karena faktanya ada juga lho makanan pengganti daging. Seitan namanya, makanan ini mirip sekali dengan daging, mulai dari rasa hingga teksturnya. Lantas apa sih sebetulnya seitan itu? Yuk mengenal seitan bersama duniamasak.com.

Apa Sih Seitan Itu?

Mengenal seitan via freepik ala tim duniamasak.com
Seitan via freepik

Mengenal seitan, seitan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung gandum yang dibersihkan hingga patinya tidak ada, hal itu lah yang membuat adonan seitan kenyal dan tidak dapat larut jika diberi air. Rasa dari seitan itu sendiri hambar dan kenyal, makanya seitan selalu dibilang pengganti daging bagi kebanyakan orang. Apalagi bila sahabat Duma sedang menjalani diet ketat, seitan adalah satu pilihan terbaik untuk mengganti daging hewan.

Baca lainnya  Berbagai Macam Resep Popcorn Enak

Manfaat Seitan

Seitan merupakan sumber protein yang bagus, apalagi dalam 1 ons seitan terdapat 23 gram protein. Seitan juga mengandung selenium, tembaga dan berbagai kandungan mineral lainnya yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu seitan memiliki kandungan yang sama seperti daging, kandungan itu adalah zat besi dan asam folat. Tidak heran jika seitan sering disebut dengan daging rendah lemak. Wah kandungannya sangat baik ya ternyata untuk tubuh ๐Ÿ™‚

Mudah Diolah

Rasanya yang hambar dan kenyal membuat seitan mudah diolah dengan bermacam-macam bumbu. Teksturnyapun mirip daging yang tidak mudah hancur saat diolah. Umumnya seitan diolah menjadi tumis dengan mengirisnya menjadi potongan-potongan kecil. Namun tidak menutup kemungkinan seitan dapat diolah menjadi makanan-makanan yang istimewa.

Baca lainnya  Sama-sama Cokelat, Apa Beda Cokelat Siap Makan dengan Cokelat Masak?

Tidak semua boleh mengkonsumsi seitan

Kandungannya yang baik untuk tubuh ternyata tidak semua orang cocok untuk mengkonsumsinya. Berikut ini adalah orang-orang yang dilarang mengkonsumsi seitan, yaitu: Orang yang mengalami alergi terhadap gandum karena seitan mengandung gandum dan penyakit celiac karena dapat menimbulkan reaksi negatif.

Ternyata istilah daging tiruan, daging rendah lemak dan pengganti daging memang sangat cocok untuk seitan. Rasa serta teksturnya sangat mirip sekali dengan daging pada umumnya. Bagaimana sahabat Duma sudah mulai mengenal seitan? Mulai tertarik ingin mengkonsumsinya tidak? Yuk comment!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!