Ketahui Cara Menghidangkan Makanan Berikut Ini

Menghidangkan Makanan via bestdallascatering.com

Biasanya di sebuah restoran ataupun cafe selalu menghidangkan makanan yang eye catching. Para chef menghidangkan makanan agar terlihat menarik di depan tamu sehingga tamu puas dengan pelayanan pihak restoran tersebut. Namun, bagi kamu yang mau menghidangkan makanan di rumah, nggak ada salahnya berkreasi dengan beberapa cara berikut ini lho! Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Tata Cara Menghidangkan Makanan Ala Restoran

Menghidangkan Makanan via pixabay.com

Menghidangkan Makanan via pixabay.com

Jenis dan cara penghidangan/penyajian makanan di suatu restoran tergantung dari beberapa faktor, antara lain jenis dan tata letak restoran, jenis dan jumlah tamu, jenis menu dan harga hidangan, peralatan dan tenaga yang tersedia. Nah berikut ini beberapa jenis pelayanan/penyajian yang ada di negara-negara seperti Inggris, Amerika, Russia, dan Perancis.

Baca lainnya  7 Makanan yang Wajib Disajikan pada Saat Perayaan Natal

1. Cara penghidangan Buffet (Prasmanan)

Dalam cara ini segala macam hidangan dipajangkan diatas meja buffet secara menarik, para tamu akan mengambil makanan yang dikehendaki dan kemudian menikmatinya diatas meja yang disediakan.

2. Cara penghidangan Inggris (Family Service)

Hidangan diletakkan diatas meja makan yang telah ditata lengkap dengan peralatan makan yang diperlukan. Para tamu akan mengambil sendiri makanan tersebut dan menikmatinya di meja yang sama, dibantu oleh pramusaji yang bertugas khusus selama jamuan berlangsung.

3. Cara penghidangan Amerika (Plate Service)

Dalam cara ini makanan terlebih dahulu dipersiapkan diatas piring makan (ready on plate) didapur. Kemudian disajikan dihadapan tamu diatas meja makan.

Piring Loveramics via DuniaMasak.com

Piring Loveramics via DuniaMasak.com

4. Cara penghidangan Rusia (Platter Service)

Sebelum makanan disajikan dihadapan tamu diatas meja makan, terlebih dahulu dipersiapkan di pinggan (platter) didapur. Para pramusaji terlebih dahulu memasang piring makan kosong diatas meja tamu, dihadapan masing-masing tamu. Kemudian pinggan yang berisi makanan dibawa kehadapan tamu dan disajikan kehadapan para tamu (dipindahkan dari pinggan keatas piring makan dengan menggunakan service stes).

Baca lainnya  Tips Merawat Blender: Mudah dan Awet Digunakan

5. Cara penghidangan Perancis (Gueridon Service)

Makanan dipersiapkan terlebih dahulu di pinggan (platter). Para pramusaji menyiapkan meja pembantu (gueridon) dekat meja tamu, lengkap dengan peralatan yang diperlukan. Kemudian makanan dalam pinggan dan piring makan dibawa dari dapur ke restoran, dan diletakkan diatas meja pembantu. Setelah itu barulah pramusaji meracik makanan diatas piring makan yang kemudian dipindahkan dari pinggan ke piring makan. Selanjutnya makanan yang sudah diracik diatas piring makan disajikan kehadapan tamu diatas meja makan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!