Penting: Berikut ini Tips Menyimpan Tempe Agar Tahan Lama

Sahabat duma, sebagaimana yang kita ketahui tempe menjadi salah satu bahan makanan kesukaan hampir semua orang. Tempe sendiri bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Tempe juga memiliki nutrisi yang tinggi serta baik untuk kesehatan. Apalagi tempe menjadi makanan yang hampir selalu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayangya, tempe adalah salah satu makanan yang cepat busuk. Hal tersebut karena sebagian besar tempe memang tidak mengandung bahan pengawet. Jadi, daya tahan tempe memang terbilang alami tergantung dengan proses penyimpanannya. Karena itu, tim DuniaMasak akan membagikan tips menyimpan tempe agar tidak mudah busuk dan lebih tahan lama.

Menyimpan Tempe Agar Tahan Lama

cara menyimpan tempe via mentari.online

Tempe via mentari.online

Menyimpan Tempe yang Benar

  • Saat membeli tempe, pastikan tempe masih baru dan berkualitas baik. Pertanda tempe masih baru adalah tempe masih hangat dan terdapat serabut putih hangat yang menunjukkan tempe baru matang.Β Biarkan tempe dalam keadaan utuh, jangan dipotong-potong. Tips menyimpan tempe pertama adalah dalam keadaan utuh masukkan ke dalam plastik tertutup kemudian masukkan ke dalam lemari es bagian luar (bukan freezer).Β Cukup bungkus tempe dengan plastik agar tidak tercemar oleh aroma makanan lain yang disimpan kulkas. Tempe bisa bertahan hingga 5 hari (tergantung kualitas tempe).
  • Menyimpan tempe juga bisa dengan cara memasukkan tempe ke dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat.
  • Tempe juga bisa disimpan dengan cara direbus dulu bersama bumbu. Tempe yang direbus dan dibumbui terlebih dahulu bisa bertahan hingga 3 sampai 5 hari. Simpan di wadah tertutup kemudian masukkan ke dalam lemari es. Kamu juga bisa hanya merebus tempe dengan hanya air biasaΒ  jika ingin membuat daya tahan tempe yang lebih lama saat disimpan, sebaiknya rebus tempe di dalam air mendidih. Matikan api sebelum tempe mengambang di permukaan air. Setelah itu, diamkan tempe di dalam air tersebut selama 24 jam. Jika sudah 24 jam, ganti air rendaman tempe dengan air matang. Tempe ini bisa bertahan hingga 5 hari.
  • Meskipun begitu tempe bisa disimpan dalam keadaan dibumbui tapi tidak direbus atau dimasak terlebih dulu. Tempe cukup dipotong sesuai selera kemudian dibumbui. Simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es.
  • Jika kamu membeli tempe yang dibungkus dengan daun pisang, biarkan daunnya tetap melekat pada tempe.
  • Sementara itu, tempe yang direndam dalam air kelapa mampu bertahan lebih lama dan rasanya juga enak. Bila kamu ingin membuat tempe sendiri, silahkan ganti air biasa dengan air kelapa untuk menghasilkan tempe yang tidak mudah busuk.
  • Masukkan tempe ke dalam air yang sudah diberi bawang putih halus dan sedikit garam. Manfaat dari garam dan bawang putih ini untuk membasmi bakteri yang terdapat pada tempe sekaligus untuk memberi cita rasa pada tempe tersebut.

    Tips menyimpan tempe di atas dapat kamu lakukan salah satu sesuai jenis tempe yang dibeli ya! Semoga bermanfaat!

Baca lainnya  Rekomendasi untuk Perlengkapan Restoran Cepat Saji
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!