Grinder Kopi: Pilih Mana yang Sesuai? Berikut 4 Jenis dan Peranannya

Kebanyakan orang mempunyai kebiasaan sehari-hari meminum kopi. Orang yang sangat menyukai kopi tentunya ingin mencari jenis kopi yang terbaik. Untuk membuat kopi terbaik, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Salah satunya adalah mesin yang digunakan untuk menggiling biji kopi. Untuk itu kenali grinder kopi yang sesuai dengan kebutuhan sahabat Duma!

Dari Blade hingga Burr: Intip 4 Jenis Grinder Kopi dan Cara Menggunakannya

Mesin Penggiling Kopi GRINDER FOMAC COG-HS600 via duniamasak.com
Mesin Penggiling Kopi GRINDER FOMAC COG-HS600 via duniamasak.com

Penggiling kopi atau grinder kopi merupakan alat khusus yang membantu membuat kopi terasa benar-benar nikmat. Berfungsi untuk menggiling atau membuat kopi menjadi halus, sehingga tidak menggumpal. Untuk membuat kopi beraroma dan memiliki rasa terbaik, penting untuk memilih penggiling yang tepat untuk hasil tersebut. Ada berbagai grinder kopi serta fungsinya:

Grinder Manual

Jenis penggiling kopi yang pertama disebut penggiling manual. Cocok untuk orang yang menyukai aroma kopi yang khas. Jika sahabat Duma menginginkan kopi yang memiliki cita rasa unik dan mudah dibuat tanpa menggunakan banyak tenaga, penggiling manual adalah pilihan yang tepat. Namun, ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan penggiling lainnya.

Penggiling kopi manual merupakan alat yang membantu membuat kopi terasa lebih enak, ditambah aroma yang dihasilkan pun menarik. Namun sayangnya, kita tidak bisa menggunakannya untuk membuat banyak kopi sekaligus.

Baca lainnya  [QUIZ] Inilah Buah yang Cocok Kamu Makan Sesuai dengan Zodiak

Grinder Elektrik

Penggiling selanjutnya merupakan versi terbaru yang menggunakan listrik. Alat ini bekerja dengan menggunakan listrik untuk menggiling biji kopi sehingga lebih mudah dan nyaman. Kita juga bisa membuat kopi dalam jumlah banyak sekaligus jika menggunakan grinder jenis ini.

Penggiling kopi elektrik berukuran besar sehingga memakan banyak tempat. Tapi mereka bisa menggiling kopi dengan sangat cepat, dan itu bagus. Namun tetap berhati-hatilah untuk tidak memasukkan terlalu banyak kopi sekaligus karena dapat merusak penggiling.

Burr Grinder

Ada jenis penggiling kopi lain yang disebut burr grinder. Cara kerjanya mirip dengan penggiling manual, namun sebagian orang menganggap metode manual memakan waktu terlalu lama. Jadi, mereka membuat penggiling jenis baru yang rasanya seperti dibuat secara manual, namun jauh lebih cepat.

Menggunakan motor listrik membuat penggilingan kopi menjadi lebih mudah. Ia menggunakan dua piring khusus bergigi untuk menggiling biji kopi. Mesin ini membantu membuat kopi terasa lebih enak dengan mengeluarkan minyak dari bijinya.

Blade Grinder

Blade grinder merupakan salah satu jenis penggiling kopi yang umum digunakan. Ia memiliki dua bilah yang memotong biji kopi menjadi potongan-potongan kecil. Ada dua jenis bilah: satu lurus dan datar, dan satu lagi berbentuk melingkar.

Baca lainnya  Manfaat Makanan Berwarna Oranye Bagi Tubuh: Konsumsi Rutin Yuk!

Blade grinder dapat menggiling kopi dengan cepat, namun juga dapat membuat biji kopi menjadi panas dan mengubah rasanya. Untuk menghindarinya, sebaiknya giling kopi dalam jumlah kecil tidak lebih dari 20 detik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan