Merawat Blender Biar Awet? Begini Caranya!

Hallo sahabat duma, kamu sering mengalami blender yang rusak? Pertanyaan yang sering kali muncul adalah bagaimana merawat blender agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Baik itu cara merawat pisau penggiling, tabung blender, mesin grinder hingga perlengkapan blender lainnya. Nih temukan jawabanya di sini!

Cara Merawat Blender Agar Tidak Mudah Rusak

 

Hand blender Russel Hobbs Ilumina via DuniaMasak.com

Hand blender Russel Hobbs Ilumina via DuniaMasak.com

Pemilihan Blender

Pilihlah blender dengan tombol pengatur kecepatan, wadah/tabung yang tembus pandang dan tidak mudah pecah. Wadah terbuat dari plastik memang lebih ringan, namun lebih mudah muncul baret-baret halus yang bisa menyimpan lemak dan aroma bahan yang diblender. Wadah dari kaca terasa lebih berat dan mudah pecah, tetapi wadah dari kaca lebih aman dan tidak mudah tergores.

Pemilihan Grinder

Apabila kamu bermaksud untuk menghaluskan bahan biji-bijian atau bumbu kering, pastikan memilih blender yang ada tabung grindernya ya! Pilihlah tabung grinder yang memiliki ukuran lebih kecil dari tabung blender dan mempunyai mata pisau yang kuat untuk menghaluskan bumbu kering.

Baca lainnya  [QUIZ] Dari Tanggal Lahirmu, Duma Tahu Jenis Cokelat yang Cocok Untukmu

Penggunaan Kapasitas Wadah

Sebaiknya jangan mengisi tabung blender ataupun grinder lebih dari setengah kapasitas wadah. Karena bila tabung diisi melebihi setengah kapasitas akan membuat motor pemutar pisau blender bekerja lebih keras. Akibatnya akan timbul panas pada mesin yang menimbulkan kerusakan pada motor blender. Khusus untuk blender, jika bahan sulit untuk dihaluskan, tambahkan sedikit air atau minyak (tergantung kebutuhan pada resep) agar bahan makanan / bumbu segar mudah hancur.

Waktu Memblender

Jangan nyalakan blender terlalu lama. Perhatikan instruksi masing-masing pada buku manual blender. Umumnya blender bisa dinyalakan mulai dari 10 menit – 30 menit tergantung merek blender. Bila Blender dibiarkan menyala terus-menerus melebihi aturan yang ditentukan di buku manualnya, mesinnya akan cepat panas dan menyebabkan blender cepat rusak. Sebaiknya potong-potong bahan makanan yang akan dihaluskan agar proses penghalusan tidak terlalu lama.

Menggunakan Potongan Jeruk Nipis

Untuk menghindari bau pada tabung blender, masukkan potongan jeruk nipis dan air secukupnya lalu nyalakan motornya, kemudian bilas dengan air bersih. Cara lain, masukkan potongan roti tawar ke dalam wadah blender, proses sebentar dengan menyalakan blender dan hancurkan roti tersebut hingga roti menyerap bau di wadah blender. Lalu bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan lap.

Baca lainnya  Sahabat Duma, Berikut Ini 5 Makanan Sunda yang Harus Kamu Cicipi!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan