Pentingnya Merencanakan Gizi Selama Seminggu untuk Keluarga

Merencanakan gizi dalam bahan makanan sehari-hari via shutterstock.com

Sahabat duma, gizi sehari-hari kita sebaiknya terpenuhi ya! Namun, kadangkala kita sering bingung untuk merencanakan gizi untuk keluarga. Pentingnya merencanakan gizi selama seminggu satu kali akan membuat pekerjaan masak memasakmu lebih ringan. Untuk itu, yuk simak penjelasan tim duma di bawah ini!

Merencanakan Gizi

merencanakan gizi keluarga via pixabay.com
Merencanakan gizi keluarga via pixabay.com

Kenapa sih kita harus merencanakan menu makanan seminggu?

Gizi sekeluarga tercukupi

Pertama, tentu gizi keluarga yang harus kita perhatikan. Apakah sudah cukup terpenuhi? Dengan mengatur jadwal dan merencanakan menu, dapat dipastikan semua kebutuhan gizi keluarga terpenuhi. Manfaat merencanakan menu makan seminggu adalah memberikan yang terbaik bagi keluarga. Apalagi nih, jika kamu memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Jangan sampai kekurangan gizi ya, alhasil nantinya sang anak tak dapat tumbuh dengan baik. Salah satu merencanakannya adalah untuk bekal sehari-hari. Baik untuk si kecil maupun untuk suami tercinta. Bagi kamu yang belum memiliki keluargapun hal ini penting kamu lakukan.

Kualitas makanan terjaga

Selain poin di atas, kamu juga dapat manfaat berupa terjaminnya kualitas makanan yang telah kamu rencanakan. Menjaga kualitas makanan salah satunya melalui kebersihan. Dengan memasak sendiri, kamu dapat memastikan bahwa bahan masakan telah dicuci dengan baik dan berkualitas baik. Kamu juga bisa memilih sayuran organik untuk meningkatkan kualitas makanan. Rencanakan juga untuk kebutuhan buah-buahanmu.

Baca lainnya  Minum Kopi Tunjang Produktifitas Kerjamu Nih!

Belanja lebih hemat

Jika kamu merencanakan menu makanan selama seminggu, kamu tahu bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan, baik dari jenis dan jumlahnya. Seperti yang kita ketahui, membeli bumbu dan bahan masakan dalam jumlah banyak akan jauh lebih murah lho sahabat duma. Kamu juga bisa membuat berbagai macam jenis bumbu dasar, seperti bumbu putih, merah dan kuning, dan disimpan di dalam tempat penyimpanan makanan.

Hemat waktu

Paling penting lagi, kamu mampu menghemat waktu. Merancang menu makanan seminggu bisa menghemat waktumu. Kamu tidak perlu termenung di depan kulkas dalam waktu lama sambil membayangkan masakan apa yang akan dimasak dengan bahan dan bumbu yang tersedia di dalam kulkas. Selain itu, jika kamu memiliki asisten rumah tangga, kamu bisa meninggalkan pesan tentang menu yang kamu inginkan. Kamu pun dengan tenang bekerja tanpa memikirkan gizi yang terpenuhi untuk keluarga. ART bisa menyiapkan bahan-bahan tanpa perlu menunggumu pulang ke rumah. Saat tiba di rumah, kamu hanya tinggal memasak karena semua bahan telah siap.

Baca lainnya  Membuat Mie Rumahan Anti Gagal dengan Bahan Berikut Ini!

Tidak ada bahan makanan yang mubazir

Pernahkah kamu terpaksa membuang buah, sayur ataupun bumbu masakan karena terlalu lama berada di kulkas dan membusuk? Jika ya, salah satu manfat merencakan menu makanan seminggu bisa mengurangi kemungkinan itu. Karena bahan dan bumbu yang kamu beli sudah pasti yang kamu butuhkan dalam waktu dekat ini.

Wah, ternyata banyak banget manfaat merancang makanan selama seminggu ya! Kamu juga bisa memasak makanan dalam jumlah banyak dan disimpan di dalam tempat penyimpanan makanan. Kamu juga bisa menghangatkannya sebanyak yang dibutuhkan. Beberapa makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, rendang, empal, dan lainnya bisa dimasak dalam waktu lama. Kemudian disimpan di tempat penyimpanan makanan dan dibekukan. Dengan cara ini, makanan bisa tahan hingga 1 bulan, dan kamu pun bisa menghemat banyak hal, termasuk waktu. Jangan lupa untuk memilih wadah penyimpanan makanan yang berkualitas ya. Pastikan wadah makananmu food grade. Kamu bisa memilih beberapa wadah makanan dengan kualitas terbaik di duniamasak. Dapatkan potongan harga menarik serta penawaran terbaik ya sahabat duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!