Perawatan Mudah Untuk Peralatan Masak Teflon

Peralatan Masak Teflon via pexels.com

Peralatan Masak yang digunakan sehari-hari haruslah dijaga kebersihannya ya sahabat duma! Hal ini berguna karena peralatan masakmu akan kamu pakai untuk waktu jangka panjang. Perlu kamu ketahui bahwa merawat peralatan masak berbeda tergantung pada jenisnya lho. Tidak semua peralatan masak bisa kamu samakan cara perawatannya. Nah, kali ini tim DuMa akan menjelaskan peralatan masak teflon. Kamu punya teflon di rumah? Yuk cek beberapa tips cara merawatnya berikut ini!

Rawat Peralatan Masak Teflon-mu Dari Sekarang!

 

Peralatan Masak Teflon via Duniamasak.com

Peralatan Masak Teflon via Duniamasak.com

 

1. Hindari Alat Masak Logam

Kamu sebaiknya menghindari penggunaan spatula berbahan logam ya, sebaiknya gunakan spatula atau pengaduk yang terbuat dari kayu halus untuk menghindari goresan pada lapisan anti lengket peralatan masak teflon-mu.

2. Gunakan Api Kecil Hingga Sedang

Kamu sebaiknya memasak menggunakan api kecil atau sedang, karena ternyata peralatan masak berbahan teflon dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedang lhoMemasak pada suhu tinggi menggunakan alat masak teflon bisa berbahaya karena menyebabkan lapisan anti lengket meleleh, mengelupas atau bahkan menguap hingga menjadi racun berbahaya.

3. Mencuci Teflon

Jika suhu teflon masih panas jangan buru-buru menyiramnya dengan air.  Ingat, perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan kerusakan pada lapisan anti lengketnya.  Sebaiknya didiamkan hingga dingin baru kemudian dicuci sampai bersih ya! Untuk selalu gunakan sabun pencuci piring dan spon pencuci piring yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengket yang ada di teflonmu. Kamu sebaiknya jangan merendam panci/wajan anti lengket dengan air sabun, karena memungkinkan besar lapisan anti lengketnya akan menyerap aroma dan rasa sabun tersebut.

Baca lainnya  Yuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran!

4. Membersihkan Noda Membandel

Gunakan asam sitrat atau baking soda untuk membersihkan kerak yang melekat di dasar wajan atau panci teflon. Kamu cukup merebus sedikit air yang sudah dicampur asam sitrat atau baking soda dengan menggunakan alat masak tersebut sampai mendidih baru kemudian mencucinya seperti biasa untuk mengangkat kerak yang membandel. Praktis dan mudah bukan?

5. Saat Penyimpanan

Jika permukaan panci/wajan anti lengket sudah kering, kamu bisa melapisinya dengan sedikit minyak goreng agar tetap terjaga kelembabannya. Cukup menuangkan sedikit minyak goreng pada kain bersih yang lembut dan mengoleskannya pada permukaan alat masak teflonmu.

Kamu juga sebaiknya jangan menumpuk alat masak berbahan teflon dengan peralatan masak lainnya yang terbuat dari logam agar terhindar dari kemungkinan tergores. Cukup dengan menggantung alat masak berbahan teflon agar lebih aman dan tidak tergores alat masak lainnya.

Baca lainnya  Wisata Kuliner Jogja: Liburan Akhir Tahun Part 2

6. Ganti Teflon-mu yang Sudah Penuh Goresan

Jangan menggunakan alat masak berbahan teflon yang sudah banyak goresan. Goresan pada lapisan anti lengket menyebabkan alat masak tersebut kehilangan fungsi anti lengketnya bahkan beresiko serpihan anti lengket yang mengelupas tercampur dan masuk ke dalam makanan yang sedang dimasak. Kamu bisa memilih peralatan masak teflon di DuniaMasak, berbagai merek dengan keunggulannya masing-masing tersedia di sini.

Bagaimana sahabat duma? Selain perawatannya mudah, teflon juga lebih aman dan serbaguna lho. Kamu ingin menambah koleksi teflon mu? Cek disini ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!