Pernah Coba Makanan Khas Nias? Wajib Dicicipi!

Makanan khas Nia kofo-kofo via bisniswisata.co.id ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma pernah ke Nias? Atau berencana pergi ke Nias dalam waktu dekat? Wah ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melihat makanan khas Nias yang beragam. Duma telah merangkum beberapa makanan khas Nias yang pastinya digemari banyak orang. Kira-kira makanan apa saja itu? Buat sahabat Duma yang mulai penasaran langsung saja kita simak artikelnya!

Makanan Khas Nias, Enak dan Lezat

Hambae nititi via merahputih.com ala tim duniamasak.com Masakan khas Nias
Hambae nititi via merahputih.com

Daerah yang terletak di pantai barat Sumatera ini memang menyimpan beragam kuliner yang yang enak dan juga lezat. Suku Nias menempati pulau Nias. Suku Nias memiliki adat lompat batu atau dengan sebuta lain Fahomo yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. Bila sahabat Duma berencana berkunjung ke pulau Nias, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Nias yang ada di pulau tersebut.

Gowi nifufu

Masyarakat Nias pada masa lampau beranggapan tidak lengkap bila makan pagi, siang, dan malam tanpa menyantap ubi sebelum makan hidangan utama. Gowi nifufu atau ubi ini menjadi makanan pertama yang wajib disantap sebelum memulai menyantap makanan lainnya. Pasalnya pada masa tersebut ubi menjadi makanan yang mahal dan langka. Cobalah untuk menyantap ubi sebelum menyantap makanan utama, pasti sahabat Duma akan merasakan sensasi yang berbeda.

Baca lainnya  Cara Mudah untuk Membuat Es Krim Cone Manual & dengan Mesin Es Krim

Köfö – köfö

Rasa dari köfö- köfö mirip dengan gulai ikan, cara memasaknya pun ikan dipisahkan dari kulitnya dan dagingnya diolah bersama dengan santan kelapa. Beberapa masyarakat Nias memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengolah köfö- köfö. Namun rasanya sekilas mirip dengan gulai ikan dan cocok disantap saat siang hari.

Ni’owuru

Ni’owuru merupakan asinan daging lho sahabat Duma! Bila di daerah lain biasanya ikan merupakan salah satu bahan yang sering diolah menjadi asinan. Pasalnya dengan mengasinkan ikan terbukti hal tersebut dapat membuatnya lebih tahan lama. Di Nias, tidak hanya ikan saja yang bisa diasinkan, namun daging juga dapat diasinkan agar tahan lama. Ni’owuru biasanya mengasinkan daging babi, namun beberapa daging juga diasinkan seperti ayam, kerbau dan juga sapi. Sebaiknya sebelumnya membelinya kita tanya terlebih dahulu daging apa yang diasinkan agar tidak salah membeli.

Baca lainnya  Wah Manfaat Ampas Kopi Ternyata Banyak Lho, Jangan Dibuang!

Lehedalo nifange

Lehedalo nifange merupakan salah stau makanan khas Nias yang populer. Makanan ini berasal dari talas yang direndang. Lehedalo nifange sering dijadikan lauk oleh masyarakat Nias dan ada yang menikmatinya dengan sagu.

Hambae nititi

Hambae nititi merupakan salah satu kuliner yang berasal dari daging kepiting dan diolah dengan santan kelapa. Kuliner ini memiliki rasa yang gurih. Bila ingin mencoba kuliner ini biasanya ada pada bulan Mei, Juni dan Juli dan terdapat didaerah Hanako Kec. Siromba.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!