Pernah Dengar Kopi Arang atau Kopi Joss? Kopi Unik yang Bikin Penasaran!

kopi arang atau kopi joss via busy.org ala tim duniamasak.com

Kopi arang adalah minuman kopi yang sudah diseduh dan disajikan pada cangkir atau gelas layaknya seperti kopi pada umumnya. Yang membedakan kopi arang dengan kopi lainnya adalah tambahan arang yang dimasukkan ke dalam kopi. Inilah yang membuat sebagian dari kita penasaran, karena pada umumnya arang digunakan untuk bahan untuk pembakaran. Bagi sahabat Duma yang penasaran tentang kopi arang atau kopi joss ini, yuk simak ulasannya!

Kopi Arang, Kopi Khas Yogyakarta

kopi arang atau kopi joss via job-like ala tim duniamasak.com
Kopi arang via job-like

Kopi arang biasanya disebut dengan kopi joss yang disajikan dengan campuran arang yang masih panas. Jika ingin meminum kopi tersebut, kita cukup mengeluarkan arang dari kopi. Arang yang dimasukkan kedalam kopi diyakini dapat menurunkan tingkat kafein yang ada pada kopi. Berikt ini ulasan singkat mengenai kopi orang yang belum banyak diketahui.

Baca lainnya  Trik Membuat Sop Buntut Agar Empuk

Sejarah Kopi Arang

Siapa yang menyangka bahwa kopi arang ini sudah ada sejak abad ke-19. Awalnya kopi arang ini dijajakan oleh pedagang angkringan yang berada disekitaran tugu Yogyakarta. Kopi arang pun mulai terkenal dan semakin mendunia pada abad ke-20. Kreasi kopi arang atau kopi joss ini pun mulai beragam. Ada yang menambahkan arang lebih banyak dan ada juga yang meletakkan arang lebih sedikit sesuai dengan varian kopi arang. Perlu sahabat Duma ketahui, jika semakin banyak arang yang ditambahkan maka harga kopi semakin tinggi.

Kandungan Kopi Arang

Kandungan kopi arang atau kopi joss ini adalah magnesium, kalium, vitamin B2, vitamin B5 dan beberapa kandungan bermanfaat lainnya. Kopi arang ini dibuat langsung dari kopi, bukan kopi instan yang sudah tercampur gula. Sehingga kopi tetap terjaga rasanya dan dapat juga menyesuaikan takaran gulanya.

Baca lainnya  Seven Kitchen Papers & Bijin Nabe

Resep Kopi Arang

Sahabat Duma dapat mencoba membuat kopi arang ini karena resepnya pun cukup sederhana. Bahan utamanya ialah kopi, gula, arang dan air panas. Langkah pertama adalah panaskan air hingga benar-benar mendidih, kemudian tuang air kedalam cangkir dengan campuran gula dan kopi. Setelah itu masukkan arang yang sudah dibakar dan masih menyala merah kedalam cangkir kopi. Jika semua tahapan tersebut selesai, maka kopi arang siap disajikan.

Gimana nih sahabat Duma, sudah tidak penasaran lagi kan? Oiya untuk sahabat Duma yang sedang mencari cangkir kopi, kalian bisa dapatkan di toko online peralatan masak terbesar se-Indonesia yaitu Duniamasak.com. Cangkir kopi yang dijual disini Duma jamin sangat cantik dan bahannya yang bagus. Ayo tunggu apalagi, silahkan kunjungi web duniamasak.com ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!