Bagaimana Sih Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa?

Pola Tidur Selama Bulan Puasa via www.avoskinbeauty.com

Sahabat duma, pola makan bukanlah satu-satunya hal yang berubah dalam rutinitas kita selama bulan puasa lho! Setiap pagi kewajiban untuk bangun di pagi buta demi makan sahur menjadi pemicu kurangnya waktu tidurmu. Jika kamu tidak cermat mengatur pola tidur, dapat dipastikan kamu akan lemas dan mengantuk sepanjang hari. Berikut tim DuniaMasak bagikan tips untuk mengatur pola tidurmu.

Tips Mengatur Pola Tidur Saat Puasa Supaya Tidak Cepat Ngantuk

Pola Tidur Selama Bulan Puasa via pixabay.com

Pola Tidur Selama Bulan Puasa via pixabay.com

Majukan Waktu Tidur dari Biasanya

Sebisa mungkin, majukan waktu tidur kamu selama bulan puasa dan jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya jika selama bulan puasa kamu rutin melaksanakan ibadah shalat Tarawih, usahakan untuk menyegerakan tidur setelahnya dan jangan dipaksakan untuk tetap terjaga Jika biasanya shalat Tarawih selesai sekitar pukul 8 malam, usahakan untuk persiapan tidur sekitar 90 menit setelahnya. Pastikan kamu sudah tidur pada pukul 21.30 WIB.

Baca lainnya  Beberapa Hal yang Harus Dipelajari Saat Meminum Kopi untuk Pemula

Sempatkan Tidur Lagi Setelah Sahur

Sebagaimana yang kita tahu langsung tidur setelah sahur berdampak negatif bagi tubuh. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, layaknya kebutuhan akan udara dan makanan.

Sebaiknya kamu mengusahakan untuk bangun sahur tepat waktu. Setelah sahur dan ibadah sholat subuh, kamu masih mempunyai waktu sekitar 1-2 jam sebelum siap-siap melanjutkan rutinitasmu. Pergunakan waktu kosong ini untuk kembali tidur.

Sempatkan Curi Waktu Tidur

Gunakanlah waktu luang yang ada selama seharian untuk curi-curi waktu tidur barang sebentar saja. Misalnya, tidur di kendaraan umum selama perjalanan pulang-pergi ngantor. Selain itu, manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang. Tidur siang selama 20-30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kamu kembali produktif. Peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur 2 jam di malam hari. Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur malam.

Baca lainnya  4 Makanan Khas Indonesia dan Alat Dapur Paling Dicari Orang Indonesia 2016 di Google Search ala duniamasak.com

Perhatikan Asupan Sebelum Tidur

Jangan tidur di saat kelaparan atau bahkan sangat kekenyangan. Khususnya, hindari makanan berat beberapa jam sebelum tidur. Langsung tidur setelah makan besar dapat membuat waktu tidurmu terganggu lho! Apalagi dapat meningkatkan risiko terkena stroke. Jika kamu sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah atau biskuit gandum.

Tetap Rutin Olahraga Saat Puasa

Bulan puasa bukan berarti kegiatan olahraga terganggu ya sahabat duma! Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik lho! Sebaiknya olahraga dilakukan sekitar empat hingga lima jam sebelum waktu tidurmu dan berikan waktu sekitar satu jam untuk pemulihan dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur. 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!