Inilah Perbedaan Cilok, Cimol, Cireng, dan Cilor

Perbedaan cilok cimol cireng cilor via freepik ala duniamasak

Jajanan yang menggunakan bahan baku berupa aci memang sedang hits dikalangan anak-anak. Aci adalah nama lain untuk tepung atau sagu. Bahan ini sering dipakai untuk jajanan seperti cilok, cimol, cireng, cilor, dan sebagainya. Apa saja perbedaan dari cilok, cimol, dan jajanan lainnya ini padahal berasal dari bahan baku yang sama? Simak penjelasannya di bawah ini:

Perbedaan Cilok, Cimol, Cireng, dan Cilor

Cilok via ayobandung.com

Cilok

Jajanan yang mirip bakso ini terbuat dari aci. Cilok dimasak dengan cara direbus atau dikukus lalu disajikan dengan siraman saus kacang, saus tomat atau sambal, dan kecap. Cara menyantapnya tinggal di tusuk sate. Maka dari itu, asal nama cilok adalah singkatan dari aci dicolok.

Baca lainnya  Makanan yang Baik untuk Mencerahkan Kulit

Cimol

Sebenarnya, cimol mirip dengan cilok. Hanya perbedaannya dari cara masaknya yaitu cilok direbus sedangkan cimol dimasak dengan cara digoreng. Bentuknya juga bulat dan sebenarnya cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan tepung aci. Jajanan ini dimasak dengan cara digoreng lalu disajikan dengan cara ditaburi bumbu perasa seperti bbq, balado, cabe tabur, dan sejenisnya.

Cireng

Meskipun berasal dari singkatan aci digoreng, namun cireng berbeda dengan cimol. Cireng berbentuk pipih dan bahan pembuatannya bisa tanpa tepung terigu atau hanya ditambahkan sedikit. Cara masak cireng hampir sama seperti cimol namun penyajiannya tidak ditaburi dengan bumbu. Umumnya, cireng banyak ditemukan di penjual gorengan.

Baca lainnya  3 Kuliner Dunia yang Unik: Hati-hati Mengonsumsinya!

Cilor

Masih dengan metode masak digoreng, terdapat jajanan berbahan aci yang juga disukai banyak orang. Cilor atau aci telor ini selain menggunakan aci ada tambahan lain yaitu dengan baluran telur. Cara penyajiannya bisa dibalur saus tomat atau sambal serta bumbu perasa seperti bbq, balado, dan sejenisnya.

Demikian perbedaan cilok, cimol, cireng, dan cilor ala Duniamasak.com. Mana jajanan yang menjadi favorit kalian nih? Jangan lupa tulis di kolom komentar dan siapa tahu tim DuMa juga akan membagikan resep membuat jajanan ini loh! Ditunggu ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!